Writer, Pengolah Kata yang Mudah dan Murah Dari LibreOffice

Writer merupakan salah satu komponen dari LibreOffice yang berfungsi sebagai pengolah kata. Banyak kegunaan / kemampuan Writer yang akan sangan bermanfaat untuk kita , seperti : Fungsi Pengecekan ejaan, thesaurus, hyphenation, AutoCorrect, pencarian kata / kalimat dan mengganti kata, generasi otomatis daftar isi dan indeks, mail merge, dan lain-lain.

Selain itu Writer juga menyediakan fitur-fitur penting, salah satunya template dan style. Fitur Page-layout, termasuk penanganan frame, kolom, tabel akan sangat membantu kita. Belum lagi adanya fitur tambahan seperti Object Linking Embedding (OLE) yang bisa bekerja pada model grafik, spreadsheet dan obyek – obyek lain.

Hebatnya lagi, ada tool untuk menggambar yang sudah built-in. Jadi tidak perlu menggunakan aplikasi atau tool lain. Ada pula fasilitas Master Documents yang mampu menggabungkan beberapa dokumen menjadi 1 dokumen secara otomatis. Jika kita sering melakukan revisi dokumen, fasilitas Change tracking during revisions akan sangat bermanfaat.

Kemampuan lain yang tidak boleh diremehkan adalah adanya Database integration , yang mampu menyatukan database termasuk database bibliography.

Hasil kerja kita dapat disimpan dalam berbagai format yang sangat banyak pilihannya termasuk format open office, microsoft office dan pdf. Mantap juga kan.

Untuk pengguna ubuntu, sejak Ubuntu 11.04 ketika kita menginstallnya secara default telah terinstall juga LibreOffice ini.
Pengoperasian LibreOffice Writer terbilang cukup mudah. Para pengguna yang terbiasa menggunakan program pemroses kata lainnya (semisal Microsoft Word atau iWork) tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan LibreOffice Writer. Shortcut atau tombol pintas yang biasa digunakan pada aplikasi Office lain juga dapat digunakan di LibreOffice, misalnya ctrl+n untuk membuat dokumen baru, ctrl+s untuk menyimpan dokumen, dan ctrl+p untuk mencetak dokumen.

Berikut ini adalah tampilan layar utama milik Writer LibreOffice.

Writer

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 thoughts on “Writer, Pengolah Kata yang Mudah dan Murah Dari LibreOffice

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *