Trend Teknologi di Tahun 2015 Bagian 1

Dengan hadirnya Tahun 2015 yang baru kita lewati 1 bulan ini, belum terlambat rasanya kalau kita melihat apa sebenarnya trend teknologi yang akan mengisi tahun 2015 ini. Berikut disajikan beberapa teknologi yang mulai mendapat perhatian lebih di tahun 2014 dan akan semakin bersinar ditahun 2015.

1. Rumah Otomatis

Google Inc, sebagai sebuah perusahaan paling sukses di tahun2014 mulai melirik untuk ikut andil dalam Proyek Rumah Cerdas bersama perusahaan Nest Labs. Otomatisasi rumah akan terus menarik perhatian di tahun 2015 dan pemain besar akan terus menuangkan uang proyek yang satu ini.

Ross Rubin, analis utama di perusahaan konsultan teknologi reticle Research, mengatakan bahwa masih banyak pangsa pasar untuk produsen komponen rumah cerdas seperti AT & T Inc T, Google Inc, dan Vivint Solar Inc VSLR. Produk komponen rumah cerdas akan menyerbu ke pasar tahun 2015. Barang- barang rumah cerdas pasti akan mulai banyak dipasarkan ke masyarakat luas. Termasuk di Indonesia.

Trend yang muncul, rumah cerdas akan dibangun sepotong demi sepotong, tidak langsung secara keseluruhan. Misalnya pertama memasang termostat yang terhubung ke pengatur suhu ruangan. Kemudian memasang lampu ruangan yang terhubung ke pendeteksi cahaya dalam ruangan dan luar ruangan. Semuanya pelan- pelan, tahap demi tahap akan menjadi ter-otomatosasi. Termasuk pengaturan / setting rumah cerdas lewat samartphone. Asik kan?

2. Otomotif yang Otomatis

Tahun 2015, pembuat mobil akan terus mengintegrasikan teknologi baru ke dalam kendaraan. Dashboard akan menjadi pusat pengaturan mobil yang terkomputerisasi. Termasuk didalamnya mengintegrasikan teknologi pemindaian sidik jari, ke dalam mobil untuk keamanan dan otentikasi.

Untuk menghidupkan mesin tidak harus dengan menggunakan kunci kontak, tapi dengan menggunakan smartphone yang mampu mengirimkan data ter-enkripsi ke dashboard, sehingga dashboard bisa menghidupkan mesin. Konci kontak secara fisik akan segera dihilangkan. Pada tahun 2014 sudah ada beberapa pembuat mobil eropa yang menerapkan teknologi ini pada produk mereka. Mungkin tahun 2015 merambah produk jepang dan bisa masuk Indonesia.

Disamping teknologi diatas, Google mengumumkan telah membangun sebuah mobil tanpa pengemudi manusia (driverless) berfungsi penuh yang bisa diluncurkan pada awal 2015. Tentu saja, ada sejumlah rintangan hukum yang harus di-clear-kan dulu sebelum teknologi Driverless bisa diterima secara hukum.

3. Drone

Ini adalah teknologi yang pasti akan sangat berkembang pada tahun 2015. US Federal Aviation Administration (US FAA) mulai memberi ijin kepada beberapa perusahaan untuk menggunakan drone untuk tujuan komersial tahun ini, termasuk studio film Hollywood. Bahkan kemungkinannya akan ada kelonggaran dalam hal regulasi drone pada tahun 2015. Amazon.com Inc juga terjun dalam teknologi tes drone.

Akan lebih banyak penggunaan drone atau pesawat tak berawak ini di tahun 2015. Sehingga diramalkan akan sangat banyak pihak yang meminta produk dari teknologi drone ini. Bahkan pemerintah Tiongkok dan Jepang telah memanfaatkan drone untuk banyak keperluan seperti perlindungan lingkungan hidup, pemberantas narkoba dan beberapa keperluan serius lain.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

3 thoughts on “Trend Teknologi di Tahun 2015 Bagian 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *