Tip memilih Distro Linux Terbaik
Pilih distro Linux ? Ya ini masih ada hubungan dengan posting beberapa waktu lalu tentang Distro Linux . Masih ingatkan? Nah kali ini akan coba dipaparkan beberapa tips untuk menentukan pilihan Distro mana yang akan dipilih untuk dipasang di lappy atau compy tersayang.
Hal yang pertama kali bisa dipertimbangkan dalam pemilihan  Distro Linux adalah dengan memperhatikan versi kernelnya. Kenapa? Karena semakin baru kernel yang dipakai oleh suatu distro, makin baguslah distro linux tersebut. Semakin baru kernel, semakin lengkap pula dukungan distro tersebut terhadap berbagai macam hardware baru. Ada yang menyarankan agar dipilih distro linux yang menggunakan versi terbaru saja.
Hal kedua yang dipergunakan untuk memilih distro linux adalah FUNGSI dan TUJUAN distro tersebut. Jika tujuan instalasi linux untuk home office atau workstation saja, kayaknya distro macam Ubuntu, CentOS, SuSE, LindowsOS, LinuxMint atau Linux Softice sepertinya cukup. Karena dengan menggunakan distro – distro tersebut, kita tidak akan dipusingkan dengan macam-macam kerumitan instalasi, dan lagi aplikasi untuk office sudah komplit-plit. Namun jika kita pingin tahu linux lebih banyak termasuk ingin merasakan “rasa Linux” yang lebih kental, pilihan SlackWare kayaknya paling pas.
Jangan lupa mempertimbangkan hal ketiga, yaitu kelengkapan aplikasi yang bisa dipasang pada Distro yang dipilih. Biasanya linux didistribusikan dalam bentuk CD atau DVD, namun ada juga yang didistribusikan dengan menggunakan flashdisk ( contohnya Linux Softice ). Makin banyak CD/ DVD tersebut, biasanya makin banyak pula aplikasi yang bisa diinstal pada distro tersebut. Ada yang menyebut CD/DVD ini adalah repository dari distro linux tersebut.
Hal terakhir yang menjadi pertimbangan pada pemilihan distro linux adalah jenis hardware yang dipergunakan. Dulu, linux memang dikembangkan untuk jenis komputer tertentu saja, misalnya untuk IBM PC kompatibel, saja. Namun dewasa ini linux dikembangkan untuk bermacam hardware termasuk smartphone dan mobile PDA. Jadi pilihlah linux yang sesuai dengan hardware milik kita. Misalnya untuk komputer Macintosh atau PowerMac, ada linux MkLinux yang memang dirancang untuk  Macintosh / PowerMac. Untuk IBM PC compatible, Sun, Alpha dan lain sebagainya bisa pilih  Ubuntu, CentOS, SuSE, LindowsOS, LinuxMint atau Linux Softice .
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

3 thoughts on “Tip memilih Distro Linux Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *