Tentang Apache
Pernah pakai Software Apache? Banyak dari kita yang menjawab “belum”. Emang Software Apache itu buat apa? Apache adalah sebuah perangkat lunak yang dipergunakan sebagai mendukung web dibanyak server. Sering kali disebut web server. Salah satu kelebihan yang sangat “dibanggakan” dari Apache ini adalah kemampuannya untuk berjalan di berbagai platform / sistem operasi komputer yang berbeda (tentang Sistem Operasi akan dibahas pada lain artikel pada blog ini). Apache bisa berjalan pada Linux atau pun Microsoft Windows, bahkan bisa berjalan pada BSD dan Novell. Guna utama dari server web Apache adalah melayani perintah dalam format HTTP.


Hebatnya lagi, Apache yang termasuk Open Source Software ini memiliki fitur autentikasi berbasis database dan didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) sehingga mengatur / men-setting server web merupakan hal yang mudah dilakukan.
Ada 2 (dua) versi web server Apache yang banyak digunakan saat ini yaitu versi 2.0 dan versi 1.3. Kemudahan kostumisasi dan kemampuan terkoneksi ke database merupakan andalan dari dua versi ini.
Apache juga mempunyai kemampuan untuk melakukan multihomed dan virtual server, disamping handalannya disisi keamanan (dengan dukungan SSL) dan lengkapnya komponen dasarnya. Kebutuhan memori dari Apache pun cukup kecil, sekitar 20Mb untuk komponen dasar dan sekitar 900Kb untuk setiap child / daemon / komponen tambahan.
Pada tahun 1996, tepatnya pada bulan April, Apache dinibatkan menjadi web server yang banyak dipakai didunia. Bahkan pada tahun 2005, sekitar 73% server yang berjalan didunia ini menggunakan Apache.
Pesaing “dekat” Apache adalah Microsoft IIS dan Sun Java Web Server.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

2 comments Categories: Apache

2 thoughts on “Tentang Apache

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *