Teknologi Microcell

Microcell merupakan sebuat perangkat dalam infrastruktur telepon mobile atau telepon selular. Microcell ini dipasang pada sebuah menara telekomunikasi yang berdaya listrik rendah. Covering area-nya pun juga cukup sempit. Biasanya untuk hotel atau kantor kecil yang mempunyai coverage area yang tidak terlalu luas.

Biasanya kisaran coverage microcell kurang dari dua kilometer , sedangkan BTS standar memiliki rentang hingga 35 kilometer (22 mil). Microcell biasanya digunakan untuk menambah kapasitas jaringan di daerah dengan penggunaan telepon yang sangat padat, seperti stasiun kereta api, mall, pusat perkantoran dan sarana publik yang lainnya. Microcell sering digunakan secara sementara selama acara dan kesempatan di mana kapasitas ekstra diperlukan di lokasi tertentu.

microcell 2

Microcell dipergunakan untuk mendukung teknologi 4G LTE yang membutuhkan kapasitas data yang sangat lebar dan tanpa putus. Kelebihan lain adalah daya tahan mirocell dari interferensi dari sel terdekat yang memiliki / menggunakan frekuensi yang sama.

Salah satu ciri khas teknologi Microcell adalah membuat sel-sel lebih banyak untuk membantu melayani daerah kepadatan penggunakan telepon selular yang sangat tinggi. Dengan memanfaatkan banyaknya sel-sel kecil ini, operator jaringan dapat mengoptimalkan penggunaan spektrum dan memastikan kapasitas data / koneksi yang terus berkembang.

Teknologi semacam PHS (Personal Handy-phone System) dan DECT (Digital Enhanced Cordless Telecommunications) sangat membutuhkan dukungan microcell dan hanya bisa didukung teknologi yang satu ini.

Sistem microcell biasanya digunakan untuk menyediakan sistem ponsel murah dalam lingkungan high-density seperti kota-kota besar. PHS digelar di seluruh kota-kota besar di Jepang sebagai alternatif untuk layanan seluler biasa. DECT digunakan oleh banyak perusahaan untuk menggunakan jaringan microcell dalam kampus besar di mana layanan telepon wireline kurang berdaya guna.

Di Indonesia sudah banyak dipasang microcell terutama di kota Batam, Jakarta dan Bandung. Di kota Bandung sendiri saat ini banyak dipasang microcell dikawasan kampus, komplek perkantoran dan tempat-tempat publik lainnya.

Di beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Belgia dan lainnya, teknologi microcell ini juga digunakan untuk memperkuat signal koneksi ponsel dan koneksi data internet.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

3 thoughts on “Teknologi Microcell

  1. Bulan kemarin beberapa tiang MCP di Bandung dibongkar pak… Soalnya dibangun di atas tanah pemda, sementara Perdanya belum keluar… Tapi ini bukan berarti dibangun tanpa ijin… Kalau sekarang dibangun di atas tanah warga

    1. wah, ketemu orin disini.. pemerhati telko juga ya?
      salam dari yugo – teman seperjuangan mabim dulu hehehe –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *