Teknologi 4G LTE

Sebuah teknologi baru telah siap untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sudah mulai dipasarkan dengan marketing yang sangat gencar. Teknologi itu bernama LTE 4G. Nama aslinya adalah 3GPP Long Term Evolution. Layanan LTE adalah sebuah standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk aksess data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya.

Sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA diusung oleh LTE. Teknologi ini harus dioperasikan melalui spektrum wireless yang berbeda dengan teknologi 2G dan 3G. Hebatnya, 4G LTE mampu memberikan kemampuan download hingga 300mbps dan upload 75mbps. Sebenarnya teknologi ini sudah cukup lama ada. Sebuah operator seluler di Stockholm dan Oslo sudah menerapkan teknologi pada tahun 2009.

Inisiator LTE adalah sebuah organisasi yang bernama The 3rd Generation Partnership Project (3GPP). LTE merupakan jaringan wireless tercepat saat ini. Ada kemungkinan teknologi ini akan segera menggantikan UMTS/HSDPA.

Di Indonesia, operator pertama yang menggunakan teknologi 4G ini adalah Bolt yang diluncurkan oleh PT. Internux pada tanggal 14 November 2013.
LTE sudah mulai dikembangkan oleh 3GPP sejak tahun 2004. Faktor-faktor yang menyebabkan 3GPP mengembangakan teknologi LTE antara lain adalah permintaan dari para pengguna untuk peningkatan kecepatan akses data dan kualitas servis serta memastikan berlanjutnya daya saing sistem 3G pada masa depan.

Kementerian Kominfo LTE di Indonesia akan mengggunakan frekuensi 1.800 MHz yang selama ini masih digunakan oleh GSM. Sampai saat ini ada sejumlah regulasi yang ditunggu oleh publik terkait penerapan internet generasi terbaru LTE. Sudah ada beberapa operator yang menawarkan dan mengomersalisasikan LTE kepada masyarakat.

Namun masih menggunakan frekuensi 2,3 MHz, itu coveragenya masih lokal, sedangkan frekuensi 1.800 MHz mempunyai cakupan nasional.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

2 thoughts on “Teknologi 4G LTE

  1. Di era 4G, Semoga aja Kuota tuk internet lebih murah dan lebih besar lagi supaya puas makenya, saat ini hitungannya masih mahal.

    Salam,
    Arif fajar kurniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *