Switch Off Televisi Analog 2018?

Benarkah Televisi Analog akan di Switch Off tahun 2018? Bahkan ada yang bilang akan di Switch Off tahun 2015. Mana yang benar? Ternyata keduanya sama – sama salah. Pada awal merancang Televisi Digital di Indonesia, Pemerintah mencanangkan Analog Switch Off (ASO) pada tahun 2018. Tetapi karena banyak diprotes oleh masyarakat umum dan pihak yang terkait dengan pertelevisian di Indonesia, maka rencana Analog Switch Off 2018 dibatalkan.

Akhirnya diambil kesimpulan untuk melakukan Analog Switch Off by Natural. Siaran televisi analog tidak akan di swicth off tetapi akan dibiarkan switch off dengan sendirinya. Kok bisa? Pada saatnya nanti siaran televisi analog akan kalah dan mati sendiri. Kalah dari sisi teknologi dan kualitas gambar / suara. Lama- lama analog akan ditinggalkan pemirsanya. Demikian konsep Analog Switch Off by Natural (ASON).
Sementara masih dalam persiapan televisi digital, televisi analog tetap siaran. Ini disebut dengan masa transisi. Pemancaran bersama antara televisi analog dan televisi digital ini disebut dengan simulcast.

Televisi milik Pemerintah, TVRI, telah melakukan soft launching Televisi Digital pada tanggal 13 Agustus 2008. Pada tanggal 20 Mei 2009 telah dilakukan uji coba televisi digital oleh konsorsium Televisi. Ini memberikan sebuah kesimpulan, sebenarnya teknologi televisi digital bukanlah barang baru di Indonesia.

Frekuensi berapa yang akan digunakan oleh televisi digital? Sistem Televisi Digital menggunakan frekuensi dari 694 MHz ke 806 MHz. Sedangkan Sistem Televisi Analog menggunakan frekuensi dari 478 MHz ke 806 MHz. Apabila Televisi Analog sudah Switch Off, maka frekuensi yang ditinggalkannya akan dipergunakan untuk sistem broadband mobile.

Pada tahun 2012 telah diatur Zona Televisi Digital yang meliputi
1. Area Ekonomi 1: Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,
2. Area Ekonomi 2: Banten, Yogyakarta, Kepulauan Riau Q1 awal 2013 dan Sumatera Utara, Kalimantan Timur,
3. Area Ekonomi 3: Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara ,Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah Q4 awal 2014, dan Bengkulu, Bangka Belitung, Maluku
4. Area Ekonomi 4: Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua Barat, Maluku Utara, Gorontalo
5. Area Ekonomi 5: Papua

Sampai dengan Agustus 2012, baru TVRI yang siaran televisi digital di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Batam. TVRI memiliki 376 pemancar untuk siaran analog, diantara pemancar itu ada 30 yang kompatibel dan siap untuk beralih ke digital. Pada akhir September 2012, Metro TV telah melakukan siaran televisi digital.

 

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *