Jejaring Sosial atau Social Media yang Eksis di Dunia Digital Tahun 2015

Selama ini, jejaring sosial online atau social media yang kita ketahui adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path dan beberapa lagi yang ada di Indonesia. Yang paling akrab dengan kita biasanya ya Facebook. Dengan pengguna yang cukup banyak di Indonesia, jejaring sosial ini menjadi “Raja Media Sosial Online” di Nusantara. Kedigdayaan jejaring sosial yang satu ini, sementara ini, hanya bisa disaingin oleh twitter. Pada tahun 2013 saja pengguna Facebook di dunia sudah tercatat 1 milyar akun. Tahun 2015 ini diperkirakan jumlah akun telah meningkat sekitar 1,4 milyar akun. Fantastis.

Di bumi Nusantara, facebook belum ada saingan yang memiliki fasilitas atau fungsi mirip. Itu yang terjadi di Indonesia. Namun ternyata di belahan dunia atau dinegara lain, ada jejaring sosial lain yang menjadi saingan facebook. Beberapa negara Asia luput dari dominasi jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini. Ada jejaring sosial lokal yang siap bersaing dengan Facebook.

Sebut saja Tencent QQ yang banyak digunakan di Tiongkok dengan 784 juta pengguna di tahun 2013 lalu. Sudah cukup dekat dengan Facebook yang saat itu “baru” memiliki 1 milyar pengguna. Tidak terlalu jauh. Atau jejaring sosial Skype yang sudah punya anggota sebanyak 663 juta akun di Amerika, negaranyaFacebook sendiri. Kalau Facebook terlena, bisa saja gelar Raja Jejaring Sosial akan direbut oleh Skype di Negeri Paman Sam itu.

Belum lagi dengan berkembangnya jejaring sosial milik Google bernama Google+ yang mulai memperlihatkan penambahan jumlah akun yang cukup banyak. Selama tahun 2013 dan tahun 2014 kemarin jejaring sosial ini sudah dihuni oleh 500 juta pengguna. Dibawahnya, di Negara Barack Obama juga, ada LinkedLn dengan akun yang juga cukup banyak yaitu 250 juta pemilik akun.

Tidak hanya itu. Di Tiongkok, muncul beberapa jejaring sosial lokal yang masih terbilang baru yang mulai medapat perhatian dari masyarakat setempat. Ada tiga yang cukup kuat , yaitu Qzone dengan 600 juta akun. Disusul oleh Sina Weibo yang telah dihuni 400 juta pengguna. Dibawahnya, dengan memiliki 160 juta akun pengguna ada jejaring sosial Renren.

Diluar Tiongkok pun ada banyak jejaring sosial lokal yang siap bersaing dengan Facebook dan Twitter. Sebut saja Wer-Kennt-Wen di Jerman yang merupakan saingan terbesar Facebook disana dengan 9,6 juta pengguna. Atau Odnoklassniki ( ribet juga namanya.. hehe) dengan jumlah pengguna yang fantastis, bahkan mampu berada di atas Facebook di negara Moldova dan Kirgiztan. 150 juta pengguna aktif. Nama Odnoklassniki berarti “Teman Sekelas”.

Sebut satu jejaring yang berjaya di Rusia dan berhasil “menurunkan tahta” Facebook disana dengan nama V Kontakte yang berarti “Terhubung Dengan”. Jumlah pengguna atau akun aktif disana malah lebih banyak dari Odnoklassniki di Moldova, yaitu 200 juta pengguna.

Belum lagi jejaring sosial lain seperti VZ di Jerman, Xing di Tiongkok, dan CLOOB di Iran yang cukup berjaya mengalahkan Facebook karena memang Facebook diblokir oleh Pemerintah Iran

Sumber : Majalah CHIP dan beberapa laman internet.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *