Solar Cell

Solar (atau photovoltaic) sel mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Energinya bisa dimanfaatkan untuk alat sederhana seperti kalkulator ataupun untuk satelit canggih yang mengorbit di luar angkasa di atas bumi. Cara kerja dasarnya disebut efek fotolistrik yaitu kemampuan materi untuk memancarkan elektron ketika cahaya bersinar di atasnya.

Bahan dasar atau bahan utama dari Solar cell adalah Silikon. Silikon adalah dikenal sebagai semi-konduktor, yang merupakan gabungan dari bahan logam logam dan isolator listrik, membuatnya menjadi bahan utama dalam sel surya.

Sinar matahari terdiri dari partikel sangat kecil yang disebut foton, yang memancar dari matahari. Partikel foton ini memukul atom silikon surya cell. Dari “terpukul”nya atom silikon oleh partikel foton dari matahari ini dihasilakn energi listrik yang bisa disimpan dalam baterai khusus.
Ivanpah Solar Plant yang terleak di Gurun Mojave akan menjadi pembangkit listrik tenaga surya tipe pemusatan energi surya terbesar dengan daya mencapai 377 MegaWatt. Meski pembangunan didukung oleh pendanaan Amerika Serikat atas visi Barrack Obama mengenai program 10000 MW energi terbarukan, namun pembangunan ini menuai kontroversi karena mengancam keberadaan satwa liar di sekitar gurun.
Di Indonesia, PLTS terbesar pertama dengan kapasitas 2×1 MW terletak di Pulau Bali, tepatnya di dearah Karangasem dan Bangli. Pemerintah mempersilakan siapa saja untuk meniru dan membuatnya di daerah lain karena PLTS ini bersifat opensource atau tidak didaftarkan dalam hak cipta.

PT PLN Persero menargetkan tujuh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) baru di Kepulauan Sumbawa, NTB, akan beroperasi pada pertengahan 2013. Tujuh lokasi tersebut berada di Kepulauan Sumbawa, antara lain Pulau Medang, Sekotok, Moyo, Bajo Pulo, Maringkik, dan tiga subranting, yaitu Lantung, Lebin dan Lawis.

Sebelumnya, PLN NTB sudah mengoperasikan tiga PLTS di tiga pulau kawasan wisata dengan total kapasitas 820 kWp, yaitu Gili Trawangan berkapasitas 600 kWp, Gili Air 160 kWp, serta Gili Meno berkapasitas 60 kWp.
Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mulai merealisasikan sebanyak 190 unit PLTS kepada wilayah terpencil yang sulit dijangkau oleh PT. PLN.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *