Sistem Informasi Berbasis Web (Bagian 1)
Semalam ditanya oleh seseorang teman tentang bagaimana menilai sebuah Sistem Informasi Berbasis Web. Tentunya untuk mengetahui apa itu Sistem Informasi Berbasis Web kita tak bisa lepas dari pengertian Sistem Informasi Berbasis Web. Dari sanalah hal itu harus kita pahami.

Namun sebelum kita masuk ke  Sistem Informasi Berbasis Web itu sendiri, ada baiknya kita pahami dulu arti Sistem Komputer yang menjadi dasar Sistem Informasi. Karena katanya Sistem Informasi Berbasis Web itu adalah Sistem Komputer ditambah Internet. Tapi apa benar seperti itu?

Sistem Komputer merupakan gabungan dari Software, Hardware dan Brainware. Software mengacu pada perangkat lunak atau aplikasi komputer atau program komputer yang terpasang pada sebuah komputer.  Sedangkan hardware boleh diartikan dengan perangkat keras komputer yang dapat kita sentuh dan dapat kita lihat. Hardware ini contohnya CPU, processor, layar monitor, mouse, printer, modem, harddisk, keping DVD dan lain sebagainya. Manusia yang menjalankan atau melakukan pekerjaan dengan computer sering kita sebut dengan Brainware. Ketiganya bekerja sama membentuk Sistem Komputer. Kalau salah satu komponen tidak ada, maka belum bisa disebut Sistem Komputer.

Tujuan adanya sebuah Sistem Komputer adalah mengelola dan mengolah data untuk menghasilkan informasi. Informasi sendiri dapat diartikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya dimana sebuah informasi merupakan lambing dari suatu kejadian yang nyata (fakta) untuk pengambilan keputusan.

Pengertian Sistem Informasi adalah sebuah Sistem Komputer yang bertugas mengolah data untuk menghasilkan informasi, dimana Sistem Informasi ini dilengkapi dengan alat komunikasi yang dipergunakan untuk saling tukar informasi atau data dengan peralatan yang lain.

Jadi boleh diartikan bahwa Sistem informasi berbasis webadalah sebuah sistem informasi yang menggunakan teknologi web atau  internet untuk memberikan informasi dan layanan  kepada pengguna atau sistem informasi lain / aplikasi lain. Sederhana kan?

Sebuah sistem informasi web biasanya terdiri dari satu atau lebih aplikasi web yang masing-masing komponen mempunyai fungsi tertentu. Dimana masing masing komponen tersebut saling dukung satu dengan yang lainnya guna mencapai fungsi Sistem Informasi Berbasis Web secara umum.

Untuk dapat membentuk Sistem Informasi Berbasis Web tentunya ada syaratnya. Seperti apa ya syaratnya?

Karena berbasis web, syarat pertama tentunya harus ada sebuah web server yang mumpuni untuk mendukung Sistem Informasi tersebut. Saat ini Web Server yang paling terkenal adalah Apache Web Server yang bisa dibaca disini .

Hal lain yang menjadi syarat mutlak yang tentunya gak boleh nggak ada adalah  Software Pemrograman Web. Harus ada sebuah bahasa pemrograman web sebagai pendamping HTML. Salah satu yang terkenal yang paling popular adalah PHP.

Yang tak kalah pentingnya adalah database yang handal untuk menyimpan dan memanajemen data. Database yang dipergunakan harus mampu menangani berjuta-juta data dan dapat diakses dengan sangat cepat. Salah satu database yang direkomendasikan adalah Oracle karena kemampuannya sangat handal. Atau bisa pula menggunakan MySQL untuk database yang tidak terlalu besar.

Seperti apa Sistem Informasi Berbasis Web yang baik itu? Akan disajika pada posting selanjutnya…. Tunggu ya…..

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *