Sertifikat Digital #1

Akhir akhir ini, kita sering mendengar tentang Sertifikasi Digital. Sebuah Sertifikat digital adalah “paspor” elektronik yang memungkinkan seseorang, komputer atau organisasi untuk bertukar informasi dengan aman melalui Internet. Sertifikasi Digital ┬ámenggunakan infrastruktur kunci publik atau Public Key Infrastructure. Sebuah sertifikat digital juga dapat disebut sebagai sertifikat kunci publik.

Sama seperti paspor, sertifikat digital menyediakan informasi identitas, anti pemalsuan dan dapat diverifikasi karena dikeluarkan oleh seorang pejabat atau sebuah lembaga yang terpercaya. Sertifikat tersebut diatas berisi nama pemegang sertifikat, nomor seri, tanggal kadaluwarsa, salinan kunci publik pemegang sertifikat (digunakan untuk mengenkripsi pesan dan tanda tangan digital) dan tanda tangan digital dari otoritas penerbit sertifikat / certificate-issuing authority sehingga penerima dapat memverifikasi bahwa sertifikat tersebut adalah valid atau asli.

Untuk memberikan bukti bahwa sertifikat asli dan valid, secara digital, Sertifikat Digital ditandatangani oleh otoritas sertifikat terpercaya. Sistem Operasi dan browser memiliki daftar sertifikat terpercaya milik otoritas penerbit sertifikat / certificate-issuing authority sehingga mereka dapat dengan mudah memverifikasi sertifikat tersebut. Dan dapat mengetahui bahwa otoritas penerbit sertifikat telah menerbitkan dan menandatangani sertifikasi tersebut. Ketika Public Key Infrastructure disebarkan atau digunakan sendiri secara internal, sertifikat digital bisa ditandatangani sendiri oleh organisasi tersebut.

Banyak sertifikat digital sesuai dengan standar X.509. Sertifikat X.509 adalah sertifikat digital yang menggunakan kunci standar yang diterima secara luas X.509 internasional publik infrastruktur (PKI) untuk memverifikasi bahwa kunci publik milik pengguna, komputer atau layanan identitas yang terkandung dalam sertifikat. Banyak sertifikat yang disebut sebagai sertifikat Secure Sockets Layer (SSL). Sertifikat SSL ini sebenarnya berada / termasuk didalam sertifikat X.509.

Sertifikat X.509 pertama diterbitkan pada tahun 1988 sebagai bagian dari Sektor International Telecommunication Union ini Standardisasi Telekomunikasi (ITU-T) dan X.500 Directory Services Standard. Pada tahun 1993, versi 2 menambahkan dua bidang untuk mendukung kontrol akses direktori. Versi 3 dirilis pada tahun 1996 dan mendefinisikan format yang digunakan untuk ekstensi sertifikat.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *