Review Blog dengan template yang mempunyai rasa berbeda dan unik
Rasa beda? Emang rasanya blog kayak apa ya? Hehehehehehe. Tapi memang itu yang dirasakan waktu masuk pertama kali. Rasanya seperti masuk kedalam dunia “Koran tahun 1970an”. Kok koran sih… ?

Coba saja masuk ke web www.chaidir.web.id . Kita akan disuguhi sebuah tampilan yang cenderung bergaya koran lama. Halaman yang pertama kali muncul seperti terlihat dibawah ini.
Disitu ada beberapa menu dibagian atas yang tertulis dengan sangat jelas. Dikanan atas ada petunjuk waktu yang cukup besar. Terlalu besar kalau menurut saya (maaf ….. hehehehe, saya suka yang kecil). Ditengah ada tulisan yang merupakan ciri khas web ini. Tulisannya cukup besar dengan kotak “search” dibawahnya. Cukup unik memang. Baru dibagian bawah ada ucapan selamat datang.

Jika dilihat dari menu yang ada dibagian kiri atas, isi blog ini boleh dikatakan sangat lengkap. Sangat sangat lengkap malah. Disitu ada blog, profil, forum, fanpage dan follow. Untuk masuk kedalam blog, kita diminta untuk klik pada menu “Blog” yang ada di menu paling kiri.  Setelah kita masuk ke bagian Blog, rasa “Koran tahun 1970an” semakin menjadi. Gambar yang dipergunakan bergaya sephia, menambah kental nuansa tahun 70an kepada pengunjung blog ini. Tiap artikel atau posting terbaru dibentuk kedalam kotak-kotak yang terlihat menarik. Saya sempat terkesima dengan tampilan yang begitu berbeda dari blog punya saya. Ini gambar dari halaman awal blognya.
Kolom navigasi diletakkan disebelah kiri. Ini saya rasa kurang enak dilihat dari susunan blog secara keseluruhan. Kayaknya akan lebih bagus jika navigasi ini diletakkan di sebelah atas. Itu menurut saya lho. Kalau diletakkan dikiri sepertnya sudah biasa. Kolom navigasi ini dijadkan satu dengan kolom “Search”. Tulisan “Search here” dengan warna yang kurang jelas sehingga cenderung tidak terlihat. Akanlebih bagus kalau warna tulisannya dibuat hitam atau putih sekalian. Dibawah ini tampilan kolom navigasinya.
Daftar isi akan terbuka di halaman lain jika kita klik pada menu “Daftar Isi”. Dari sisi bentuk, Daftar isi ini sangat bagus karena terkesan 3 dimensi. Warna yang digunakan pun cukup bagus dan serasi. Hanya saja keserasian belum didukung dengan kesesuaian besar huruf. Huruf masih terlalu kecil dibandingkan dengan tempat yang disediakan. Akan lebih bagus jka besar huruf disesuaikan dengan tempat yang disediakan dan warna tetap bertema sephia.
Nah, sampai kepada performa blog. Disini saya coba lihat performa blog dari sedikit sisi saya, karena waktunya mepet… hehehehehe (alesan aja nih). Gambar dibawah ini adalah performa blog dinilai dengan Alexa. Tentunya sudah tahu tentang Alexa kan? Alexa Trafict Rank cukup bagus nangkring di 525.246 untuk global dan hinggap di 4.695 untuk lokal Indonesia… cukup super. Mantap…. Apalagi kalau lihat Sites Linking In-nya yang nongol di 111 … wihhhhhh. Blog ini kalah jauh deh.
Yang diatas tadi kan dilihat dari Alexa Rank-nya. Kalau dilihat dari Pagerank-nya, nasib blog Chaidir ini masih sama dengan blog punya saya. Hehehehehehe. Masih 0. Coba cek gambar berikut ini. Kayaknya mas Chaidir harus bersama sama dengan saya berjuang menaikkan Pagerank… semangat !!!! Ada kemungkinan blog ini belum ter-index oleh Googel. Tapi kayaknya kok janggal dengan melihat alexa rank-nya yang cukup sangar. Mungkin bagi beberapa blogger Pagerank ini gak begitu penting, tapi apa salahnya punya pagerank yang banyak ? Keren juga kan? 
Sekarang coba kita lihat dari keaslian artikel / postingan yang ada disini (wwiiihhh ….. bahasanya keren juga… kayak sudah ahli aja). Hehehe. Saya coba dengan dua cara sederhana untuk mencoba melihat keaslian suatu postingan. Kenapa ini menjadi penting? Menurut saya pribadi, keaslian sebuah posting atau konten blog adalah hal yang nomor satu. Gak ada artinya bikin blog kalau isisnya cumin hasil copas aja. Hehehehehe. Kok malah curhat. Oke, langsung aja, Cara pertama yang saya pakai adalah pakai tool “copyscape”. Dengan menggunakan ini, didapatkan hasil bahwa isi/ kontel blog Chaidir bukan hasil copy-paste. Mantap. Lihat hasil dibawah ini.
Cara kedua adalah dengan browser google , dengan cara inipun hasilnya bagus, tanpa ada duplikasi yang terdeteksi. Cuma ada satu duplikasi yang terdeteksi di web bookmark.dewaseo.com. Kok bisa sampai seperti itu, tentu ada ceritanya. Pemilik blog Chaidir yang lebih jelas masalah ini. Saya persilakan pemilik blog bercerita… hehehehehe. Lihat hasilnya waktu saya coba keaslian konten pakai browser google dibawah ini.
Sesuai dengan pesan dari yang punya gawe Give Away, saya coba menampilkan salah satu postingan yang menarik hati saya. Sebenarnya banyak postingan yang menarik. Tapi karena diminta satu aja ya gakpapa deh. Salah satu postingan yang saya suka adalah postingan dengan judul “Menulis Asyik OneNote Drafting” yang bisa diakses di alamat www.chaidir.web.id/2013/08/cara-menulis-asyik-draft-onenote.html. Kenapa menarik? Karena postingan ini kena dihati saya yang edang mencari tool yang asyik buat bikin draft posting / konten blog. Jadinya passssss banget. Pada saat mampir ke blog Chaidir inipun,. Saya sedang browsing cari tool tersebut. Kok ya pas banget, jadi ya saya pilih yang satu ini. Apa yang tertulis di posting ini sangat informatif dan meng-inspirasi. Cek gambar ini :

Dengan membahas salah satu postingan favorit saya diatas , maka review blog untuk Chaidir ini saya akhiri. Moga bermanfaat dan mohon maaf jika ada pendapat saya yang kurang pas dihati pemilik blog dan pembaca disini. Semua saya sampaikan semata demi kemajuan blog Chaidir dan blog-blog di Indonesia lainnya. Salam… dan semangat !!! Keep BlogWalking !!!


Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 comments Categories: Internet, Umum

4 thoughts on “Review Blog dengan template yang mempunyai rasa berbeda dan unik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *