Refleksi blog setelah Posting ke 100
Tak terasa sudah lebih dari 100 artikel telah muncul dari jari jari ini. 8 bulan telah dilampaui. Perjalanan sebuah blog ternyata mempunyai dinamika tersendiri. Ada manis dan ada pahit. Banyak pengalaman telah didapatkan penulis dari blog ini. Pengalaman yang bikin hati sedih merana sampai yang bikin hati ceria membahana. 

Pengalaman manis berjejer-jejer, dari mendapat jempoler di Facebook sampai dapat hadiah dari sebuah Give Away. Belum lagi rasa kebersamaan dan persaudaraan yang cukup kental dari beberapa komunitas blogger. Sebuah kesenangan yang sungguh sangat berarti bagi penulis. Belum lagi, ada beberapa rupiah yang didapat penulis dari artikel review pada salah satu posting. Memang kalao dilihat dari besarannya memang tidak seberapa. Buat beli bakso 2 kali pun pasti habis. Tapi rasa bangga yang memenuhi hati sungguh sangat luar biasa karena pemikiran kita dihargai orang lain yang diwujudkan dalam bentuk rupiah. Rasa bangga itu tak tergantikan dengan nilai rupiah yang besarnya 100 kali lipat dari honor artikel itu sendiri. Google adsense pun, sen demi sen mulai merangkak naik (walau belum payout, hehehehe). 

Pengalaman patih pun tidak kurang. Kesedihan pernah melanda ketika ranking di alexa merosot banyak gara gara sempat beberapa hari nggak posting satupun. Yang membuat nyesek sih sebenarnya bukan alexa-nya, tapi hampir seminggu gak tercipta barang satu artikel pun. Padahal janji penulis dalam hati cuman satu yaitu “ One day one post”. Sedih sekali rasanya. 

Pada awalnya pembuatan blog ini cuman sebagai catatan online saja. Supaya tidak hilang dimakan waktu. Kalau dititipkan di Drop Box, tidak bisa dibaca siapapun. Kalau di blog ini bisa dinikmati oleh banyak orang. Namun dengan seiring waktu, banyak bisikan dari teman – teman blogger agar blog ini tidak hanya dipakai sebagai harddisk online, tapi ditingkatkan menjadi benar benar blog. Trus ada yang bisikin lagi, ikutan Give Away. Yang “paling parah” adalah bisikan untuk ikut Google Adsense. Malah waktu penulis dah munculin Google Adsense di blog ini, si pembisik tanya “kok bisa pasang Adsense tho mas, saya masih belum berhasil nih” lho? Kok? 

Entahlah yang jelas sampai saat ini fungsi “harddisk online” masih dipertahankan ditengah deru Adsense yang meraung-raung. Tapi yang jelas, harapan yang masih diperjuangkan oleh blog ini adalah menyajikan artikel yang mampu menjawab pertanyaan pemula di bidang IT dan menginspirasi mereka.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 thoughts on “Refleksi blog setelah Posting ke 100

  1. Semoga sukses terus mas.. ^_^
    Insya Allah saya yakin pasti blog ini bisa memberikan inspirasi di bidang IT.. Yang penting tetap semangat dan konsisten terus menulis..

    Saya jadi iri blog saya aja belum keterima Google Adsense.. -_-
    Tapi misi kita sama Mas, saya juga pengen bisa “One Post One Day” ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *