Puppy Linux , Untuk yang Menggunakan Spesifikasi Hardware Minimal
Sistem operasi Puppy Linux adalah distribusi Linux ringan yang berfokus pada kemudahan penggunaan dan minimalisasi pemakaian memori. Seluruh sistem versi tahun 2010 dapat dijalankan dari RAM dengan mengambil sekitar 130 MB. Media boot akan segera  dihapus dari memori setelah sistem operasi telah dimulai. Aplikasi seperti AbiWord (dokumen word), Gnumeric (spreadsheet) dan MPlayer (multimedia player) yang disertakan, bersama dengan pilihan web browser ringan. Distribusi ini awalnya dikembangkan oleh Barry Kauler dan anggota masyarakat lainnya. Puppy Linux adalah sistem operasi penuh, dibundel dengan koleksi suite aplikasi untuk berbagai tugas cocok untuk penggunaan umum. Puppy kecil, sehingga dapat boot dari berbagai jenis media. Hal ini juga berguna sebagai rescue disk, sistem demonstrasi, sebagai OS untuk sistem dengan kosong atau OS yang hilang dari hard drive. Atau untuk membuat agar komputer lama bisa tetap digunakan. 

Puppy dapat boot dari: Sebuah drive Live USB hidup, sebuah live CD (live-Puppy), sebuah kartu SD, SuperDisk, sebuah jaringan komputer (thin-Puppy) atau sebuah emulator

Puppy Linux memiliki fitur unik yang membedakannya dari distribusi Linux lainnya: kemampuan untuk menawarkan update terus-menerus lingkungan kerja yang normal pada multisession CD / DVD write-sekali. (Ini tidak memerlukan CD rewritable / DVD.) Puppy secara otomatis mendeteksi perubahan dalam sistem file dan menyimpannya secara bertahap pada disk. Fitur ini bekerja sangat baik dengan DVD, sebagian karena ruang yang lebih besar tersedia. 

Jika distro lain menawarkan Live CD sistem operasi mereka, mereka tidak mampu membuat program yang akan ditambahkan secara permanen. Puppy juga dilengkapi sistem write-caching canggih yang dirancang untuk memperpanjang umur USB flash drive tempat Puppy Linux berjalan. 

Tidak seperti beberapa OS lainnya, Puppy Linux tidak mount (yaitu mempersiapkan diri untuk membaca dari / menulis ke) hard drive atau terhubung ke jaringan secara otomatis. Hal ini mengurangi kemungkinan bahwa isi harddisk rusak karena bug atau perangkat lunak yang tidak kompatibel. Puppy Linux juga dapat berjalan pada platform ARM dan juga pada papan komputer seperti Raspberry Pi. 

Sejak Puppy Linux dasarnya berjalan dalam RAM, semua file, operasi dan konfigurasi yang dibuat / diubah dalam satu sesi akan hilang ketika sistem dimatikan. Namun, dimungkinkan untuk menyimpan file pada saat sebelum shutdown. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file ke disk, (USB, HDD dll). Hal ini juga memungkinkan untuk menyimpan semua file ke hard drive eksternal, USB stick, atau bahkan floppy disk, bukan sistem file root. 

Puppy juga dapat diinstal ke hard disk. Jendela manager default di sebagian besar rilis Puppy adalah JWM. Paket dari desktop IceWM, Fluxbox dan Enlightenment juga tersedia melalui paket PetGet (aplikasi) sistem manajemen Puppy. Beberapa distribusi derivatif, yang disebut puplets, hadir dengan default jendela manajer selain JWM. Ketika boot sistem operasi, semua dalam paket Puppy akan di-uncompresses ke area RAM, disebut “ramdisk”. Komputer atau PC harus memiliki minimal 128 MB RAM untuk semua software Puppy  dimuat ke ramdisk. 

Namun dimungkinkan untuk menjalankannya pada PC dengan hanya sekitar 48 MB RAM karena sebagian sistem dapat disimpan pada hard drive, atau di “tinggalkan” dalam CD. Puppy memiliki fitur lengkap terdiri dari lebih dari 500 paket yang diletakkan bersama-sama sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Woof adalah sebuah alat canggih untuk membuat instalasi Puppy. Hal ini membutuhkan koneksi internet dan beberapa pengetahuan tentang Linux untuk digunakan. Kita dapat men-download paket binary sumber dari distribusi Linux lain dan mengolahnya menjadi paket Puppy Linux dengan hanya mendefinisikan nama yang distro Linux. Hal ini dilengkapi dengan kontrol versi sederhana bernama Bones. Puppy juga dilengkapi dengan alat remastering yang mengambil “snapshot” dari sistem saat ini dan memungkinkan pengguna membuat live CD. 

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *