Pesan kamar hotel harus tahu istilah dalam dunia perhotelan
Belum lama ini penulis mengikuti acara Seminar yang diadakan oleh salah satu instansi pemerintahan di Bandung. Karena berdomisili di Semarang, maka penulis harus memesan tempat menginap agar dapat mengikuti acara yang rencananya digelar selama 3 hari. Akhirnya penulis mencoba menghubungi hotel yang ada disekitar tempat pertemuan via telelpon. Pada saat itu belum terpikir untuk menggunakan fasilitas pemesanan hotel online.

Padahal di internet sudah banyak fasilitas pemesanan hotel secara online. Salah satunya adalah website VoucherHotel.Com : Voucher Hotel Murah Indonesia dan Luar Negeri. Penggunaan cukup gampang dan menarik. Banyak hal ditawarkan disana.

Kembali ke cerita penulis, pada saat penelepon untuk memesan hotel, oleh resepsionis, penulis ditanya tentang tipe kamar yang dibutuhkan. Ada beberapa tipe kamar yang ditawarkan. Karena rencananya penulis akan hadir bersama dengan seorang teman berjenis kelamin sama, maka berpikir untuk mengambil kamar untuk 2 orang. Ditawarkan oleh resepsionis hotel 2 jenis kamar yaitu “Double Room” dan “Twin Room”. Nah lo. Bingung juga kan? Memang, apa bedanya? Menurut penulis yang tidak terlalu mengerti istilah perhotelan atau boleh dikatakan masih sangat awan tentang perhotelan, dua istilah itu sama saja kan? Double artinya dua , Twin juga mengacu pada arti dua.


Oleh resepsionis, kemudian diterangkan arti keduanya. Ternyata Double Room adalah kamar dengan satu ranjang ukuran double (seukuran queen bed atau king bed ).Sedangkan Twin Room merupakan kamar dengan dua ranjang single bed. Ooooo, ternyata begitu….. Hehehehehhe. Baru tahu istilah itu. Ternyata ada banyak istilah yang cukup membingungkan bagi seseoarang yang masih awam.

Setelah googling beberapa saat, sampailah penulis pada satu website yang mempunyai artikel yang cukup komplit tentang istilah – istilah perhotelan di Istilah Hotel . Dari artikel tersebut, penulis mulai memahami beberapa istilah perhotelan yang bisa bermanfaat dikemudian hari.

Untuk memesan hotel via online-pun harusnya kita paham benar tentang istilah yang digunakan. Jangan sampai salah. Kalau kita belum paham istilah, jangan-jangan waktu menginap dengan teman sekantor (yang tentunya sejenis kelamin) malah kita pesan Double Room , bukannya Twin Room. Kurang enak nantinya.

Berikut ini beberapa istilah yang menarik perhatian penulis yang mungkin juga berguna bagi kita semua. Kita mulai dengan Queen Bed, ternyata itu merujuk pada sebuah ranjang atau bed yang mempunyai ukuran sekitar 160 cm kali 195 cm. Sedangkan King Bed mengaju pada sebuag ranjang dengan ukuran sekitar 180cm x 195cm. Ada pula istilah Dorm Bed. Apa pula itu? Ternyata itu suatu ranjang single, dimana bed ini ditempatkan pada sebuah kamar yang bisa memuat sekitar 4 sampai 30 orang. Kalau Bunk Bed apa? Bunk bed adalah ranjang atau tempat tidur susun yang biasanya dipakai di hostel.

Yang jarang kita dengar salah satunya adalah adanya istilah adjoining Rooms. Itu ternyata kebalikan dari Connecting Room. Kalau connecting room adalah kamar yang bersebelahan yang dihubungkan dengan pintu, maka adjoining room adalah kamar yang bersebelahan yang tidak dihubungkan dengan pintu. Sebuah pengetahuan baru bagi penulis.

Pernah dengar Published Rate? : Itu adalah harga penuh kamar hotel sebelum diskon. Ini istilah perhotelan untuk menggambarkan Harga Eceran Tertinggi (HET). Selain Published Rate, Harga Eceran Tertinggi kadang juga diistilahkan Full Rate atau Rack Rate. Kalau harga kamar setelah di diskon, diistilahkan dengan Corporate Rate. Harga ini diberikan kepada perusahaan yang menjalin kerjasama khusus dengan hotel.

Sebenarnya masih ada banyak istilah lain yang seharusnya juga diketahui oleh awam. Silakan mampir ke sini untuk penjelasan lebih jauh… oke?
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

8 thoughts on “Pesan kamar hotel harus tahu istilah dalam dunia perhotelan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *