Penjualan Buku di Era Digital

Pada era digital ini, kita sering mendengar adanya penjualan buku lewat internet. Banyak persepsi disana. Beberapa berpikiran bahwa yang dimaksud dengan penjualan buku lewat internet adalah menjual buku konvensional (kertas) yang promosinya lewat email. Ada juga yang berpikir itu adalah penjualan buku yang semua kegiatan transaksinya dilakukan lewat internet. Ada pula yang mengira itu adalah penjualan buku elektronik ( e-book ).

Semua pendapat atau pemikiran tersebut diatas benar. Tidak ada yang salah. Hal itu karena semua jenis yang diceritakan diatas termasuk dalam kategori penjualan buku lewat internet. Ada banyak macam cara, ada ada banyak yang diperjualbelikan secara online via media internet.

Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah yang model penjualan buku konvensional (atau buku dalam wujud kerjas yang dijilid) yang promosinya melalaui media internet. Jenis ini kadang proses transaksi melalui internet bisa tidak. Yang transaksinya tidak melalui internet biasanya murni hanya berpromosi secara online. Jika pelanggan tertarik, transaksi selanjutnya akan dilakukan lewat transaksi seperti biasa (offline). Yang transaksinya melalui internet , biasanya pemesanan buku via email atau SMS.

Salah satu contoh dari penjualan buku konvensional (kertas) dengan pemesanan via internet adalah sebuah toko buku koleksi yang mempunyai web di www.javabookstand.com . Toko buku ini memberi fasilitas pemesanan buku lewat email ataupun SMS. Sedangkan untuk pembayarannya bisa lewat transfer, dimana konfirmasi pembayarannya bisa lewat email juga. Jadi praktis banyak kegiatannya via internet.

Pengirimannya bisa lewat kurir, lewat pos atau lewat jasa titipan. Semua demikian mudah dan simple. Calon pembeli bisa dengan mudah membaca sipnosis dari buku yang ditawarkan disana.

Yang unik dari Toko Buku Online yang satu ini adalah banyak diantara buku yang ditawarkan disana karya orang orang terkenal, misalnya karya Djenderal A Yani, karya Athikah Kalla ibunda Bapak Jussuf Kalla, karya Andi Mallarangeng, karya D Adinegoro, dan karya Nugroho Noto Susanto.

Pingin tahu seperti apa penjualan buku di era digital? Datang ada ke web tersebut.

(Artikel ini sekaligus menandai peresmian / launching WEB TOKO BUKU ONLINE JAVA BOOK STAND)

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *