Penelitian Meningkatkan Kecepatan Data Serat Optik

Beberapa waktu lalu telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan kecepatan data yang dikirimkan atau dikomunikasikan lewat serat optik atau yang lebih dikenal dengan fiber optic. Penelitian ini ditujukan untuk menunjang meningkatnya kecepatan internet.

Beberapa pihak berkolaborasi dalam penelitian ini, antara lain City College of New York, University of Southern California, University of Glasgow, dan Corning Incorporated. Kebanyakan memang dari dunia pendidikan.

Penelitian ini telah menemukan suatu cara untuk meningkatkan kecepatan data serat optik yang dipergunakan sebagai backbone Internet. Serat optik dapat dipercepat dengan cara “memutar” aliran data yang ditransmisikan dan diterima melalui belokan cahaya. Hal ini disampaikan oleh Giovanni Milione, seorang mahasiswa doktoral City College.

Pemutaran data tersebut tidak akan merusak data karena data tersebut dapat dipulihkan dengan sempurna dengan metoda yang sama.  Hasil penelitian ini menjamin bahwa walaupun cahaya dalam fiber optik dibelokkan atau dipuntir (twisted) data tidak rusak. Para peneliti meminjam teknik terkenal komunikasi radio yang disebut sebagai ‘MIMO,’ yang digunakan oleh ponsel dan router Wi-Fi setiap hari.

Tikungan / belokan cahaya diperlakukan seperti antena. Walaupin data yang dikirimkan tersebut dipilin, tetap dapat diterima diseberang dengan benar. Sebagai bukti utama, para peneliti berhasil mengirim empat data stream pada empat tikungan cahaya yang jaraknya lebih dari 5 kilometer melalui serat optik standar. Pemuntiran atau pemilinan cahaya yang mewakili data ini justru terbukti mampu mempercepat laju cahaya itu sendiri.

Percobaan yang telah mereka lakukan di  Universitas Glasgow yang memisahkan dan menggabungkan tikungan ringan menggunakan prisma tidak berwarna. Perkembangan ini diharapkan mampu menawarkan solusi untuk kebutuhan yang tak terpuaskan dari media sosial berbasis data yang “haus” kecepatan data, seperti, Facebook dan YouTube, yang terus mendorong batas kecepatan data pada serat optik. Hal ini disampaikan oleh Profesor Fisika Robert R. Alfano.

 

Sumber : City College of New York via www dot sciencedaily com

Gambar  : www nicab dot co dot id

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 thoughts on “Penelitian Meningkatkan Kecepatan Data Serat Optik

  1. emg berasa beda banget klo pake optik.
    dulu salah satu provider lokal yang super lelet (spidol), setelah ganti kabel fiber optik sekarang super ngebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *