Open Source? Should be?

Penggunaan Open Source sebenarnya bukan suatu keharusan untuk orang Indonesia. Kita bebas pakai perangkat lunak apapun yang kita inginkan. Tidak ada larangan ataupun regulasi dari Negara yang mewajibkan kita pakai Open Source. Kita bebas pakai proprietary software yang dijual diseluruh dunia. Yang tidak boleh adalah menggunakan software berbayar TANPA MEMBAYAR. Sering kali kita terbuai dengan kondisi ini. Indonesia masih menempati peringkat 20 besar dunia untuk menggunaan SOFTWARE BAJAKAN.

Inilah yang harus kita pahami bersama. Dosa lho pakai software bajakan. Kalau tidak percaya, tanyakan pada pemuka agama yang Anda anut. Kita boleh saja bangga menggunakan software berbayar yang proprietary, tapi software itu harus dibeli. Jangan bangga menggunakan software bajakan.

Memang susah pakai software Open Source? Tidak kok. Itu cumin perlu dibiasakan aja. Kita ini bangsa yang hebat, kita bisa melalui kondisi yang lebih buruk dari sekedar beralih menggunakan SOFTWARE LEGAL. Kita pasti bisa. Apa kita nggak malu, terkenal sebagai bangsa membajak didunia ini.

Kalau alasan kita pakai SOFTWARE ILEGAL adalah karena harganya yang tinggi, sehingga jalan terakhir yang harus ditempuh, maka kita akan semakin terpojok dengan label “Bangsa yang tidak menghargai karya orang lain”. Pakai saja SOFTWARE OPEN SOURCE, grraaaaaattiiiissss. Gak harus beli kok. Gampang lagi.

Mari mulai bangun citra Negara kita yang sudah menaungi kita berpuluh tahun ini dengan memanfaatkan SOFTWARE OPEN SOURCE sebagai SOFTWARE LEGAL. Disamping nama bangsa dan Negara kita harus dimata dunia internasional, kita juga bisa mengurangi dosa kan. Hehehehehe.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

10 thoughts on “Open Source? Should be?

  1. open source itu apa penjelasannya, pak? di blog juga saya pernah menemukan bacaan itu, eh apa open id ya itu mah haha lupa -_-

    1. Kalau software open source biasanya dapat di dapatkan dimana? oh iya kalau yang ada di nternet itu apa masuknya ke ilegal? :

    2. Software Open Source bisa didapat dengan men-download-nya dari web pengembangnya, atau bisa pulang minta langsung secara tatap muka dengan pengembangnya.

      Kalau yang di internet itu juga masih harus dilihat lisensi-nya. Kalaou itu Open Source berarti legal.

    3. Apa jika memakai open source sudah tidak harus dan perlu lagi untuk memasukan serial number? kan biasanya kalo di internet suka disuruh masukin serial number kalo enggak nanti expired softwarenya ._.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *