Manfaat dan Ruang Lingkup E-Gov

Manfaat
Manfaat yang diperoleh dengan diterapkannya konsep e-Governmnet, antara lain:

  1. Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan  kalangan bisnis terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara. Salah satunya dengan memberikan layanan yang lebih baik pada masyarakat. Informasi dari pemerintah dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu tanpa harus menunggu dibukanya kantor pemerintah
  2. Memperkuat konsep Good Governance dengan meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.
  3. Memungkinkan adanya suatu kondisi dimana masyarakat bersama pemerintah dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan.
  4. Memungkinkan adanya kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan kalangan bisnis dalam proses pengambilan keputusan terkait kebijakan publik.
  5. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau video confernce

Ruang Lingkup
Ruang lingkup dari penggunaan E-Government secara menyeluruh mencakup pada:

  1. Government to Citizens (Pemerintah ke Masyarakat), Pemerintah menerapkan berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya penerapan e-KTP.
  2. Government to Business (Pemerintah ke Dunia Bisnis), Pemerintah menerapkan berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi untuk melakukan pelayanan kepada pelaku bisnis . Misalnya penerapan e-perizinan dan e-investasi, atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik.
  3. Government to Government (Pemerintah ke Pemerintah), Pemerintah menerapkan berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi untuk memperlancar kerjasama antar antar instansi pemerintahan sampai antar negara dengan memanfaatkan teknologi informasi. Misalnya Sistem Informasi Eksekutif atau penerapan Data Center.
  4. Government to Employees (Pemerintah ke aparatnya), Pemerintah menerapkan berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi untuk melakukan pelayanan kepada aparat pemerintahan sendiri. Misalnya Sistem Kepegawaian atau Kartu PNS Elektronik.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *