Desktop XFCE untuk Linux

Xfce adalah lingkungan desktop atau interface user yang ringan untuk sistem operasi keluarga UNIX. Desktop ini bertujuan untuk menyediakan sebuah interface cepat namun tidak haus hardware yang tinggi . Dilain pihak, tetap dipertahankan adanya visual yang menarik dan user friendly.
Xfce mewujudkan filosofi tradisional UNIX modularitas dan re-useable. Dibentuk dari sejumlah komponen yang menyediakan fungsionalitas penuh dari lingkungan desktop modern. Desktop open source ini dikemas secara terpisah dan kita dapat memilih paket yang mana yang akan kita install

XFCE 01

Xfce dapat diinstal pada beberapa platform UNIX seperti, NetBSD, FreeBSD, OpenBSD, Solaris, Cygwin dan MacOS X, pada x86, PPC, Sparc, Alpha, dan lain sebagainya. Xfce berisi sejumlah komponen inti untuk tugas minimal yang Kita harapkan dari sebuah lingkungan desktop seperti , Window Manager, Desktop Manager, Panel, Session Manager, aplikasi Finder, File Manager dan Pengaturan Desktop.

Window Manager sendiri berguna untuk mengatur penempatan jendela di layar, menyediakan dekorasi jendela dan mengelola ruang kerja atau virtual desktop. Sedangkan Desktop Manager dapat digunakan untuk mengatur gambar latar belakang dan menyediakan menu jendela root, ikon desktop atau ikon diminimalkan dan daftar jendela.

Panel membuat desktop ini mampu beralih di antara jendela dibuka, aplikasi, beralih ruang kerja dan plugin menu untuk menelusuri aplikasi atau direktori. Untuk tugas mengontrol login dan manajemen daya desktop dan memungkinkan Kita untuk menyimpan beberapa sesi login diserahkan pada Session Manager

Dengan adanya aplikasi Finder membuat Xfce mampu menunjukkan aplikasi yang terinstal di sistem kita di kategori, sehingga Kita dapat dengan cepat menemukan dan meluncurkan aplikasi tersebut. File Manager digunakan untuk menyediakan fitur manajemen file dasar dan utilitas yang unik seperti Renamer massal. Lalu ada pula pengaturan Pengaturan Desktop yang merupakan alat untuk mengontrol berbagai pengaturan desktop seperti cara pintas keyboard, tampilan, pengaturan tampilan dan sebagainya.

Selain set dasar modul, Xfce juga menyediakan berbagai aplikasi tambahan dan plugin sehingga Kita dapat memperpanjang desktop Kita seperti yang Kita suka, misalnya emulator terminal, editor teks, mixer suara, aplikasi finder, penampil gambar, kalender berbasis iCal dan CD dan DVD burning aplikasi. Kita dapat membaca lebih lanjut tentang modul Xfce di halaman proyek.

Xfce sendir sebenarnya berbasis GTK+ 2 yang juga dipakai pada GNOME, dimana menggunakan window manager Xfwm. Pada awalnya Xfce boleh dikatakan kembar dengan CDE versi komersial, namun sejalan dengan berlalunya versi demi versi, membuat Xfce makin “tak kembar” dengan CDE.

Untuk distro seperti Debian, Ubuntu, Xubuntu, Linux Mint, Fedora dan LINUX SOFTICE telah diinstal Xfce. Sedangkan untul distro yang lain, bisa pula meng-install Xfcem, dengan cara yang sangat mudah menggunakan apt-get ( $ sudo apt-get install xfce4 ).
Salah satu keunggulan Xfce adalah pada konsep dan dependensi yang boleh dikatakan sangat minimal, sehingga tidak memakan banyak ruang dalam harddisk dan waktu instalnya sangat pendek. Dari beberapa sumber dikatakan bahwa XFCE bisa dijalankan pada komputer dengan RAM 128 MB.

Referensi :
• xfce(dot)org
• www(dot)gentoo(dot)org/doc/id/xfce-config.xml
• gudanglinux (dot) com/produk/linux-mint-xfce/
• Id(dot)wikipedia(dot)org/wiki/Xfce

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *