Kriptografi #2

Kriptografi (cryptography) berasal dari bahasa Yunani : “ cryptos “ yang artinya rahasia dan “ graphein “ yang artinya tulisan. Jadi kriptografi berarti tulisan rahasia. Ada beberapa definisi kriptografi yang dipergunakan sebelum tahun 1980 yang menyatakan bahwa kriptografi adalah ilmu untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyandikan ke bentuk yang tidak dimengerti. Namun definisi ini berkembang pada masa sekarang ini, karena kriptografi tidak sekedar kerahasiaan data (privacy) saja, tapi juga bertujuan untuk menjaga integritas data (data integrity) , keaslian data (authentication) dan anti penyangkalan (non-repudiation).
Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan (Cryptography is the art and science of keeping messages secure).
Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik – teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasian, integritas data, serta otentifikasi.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

One thought on “Kriptografi #2

  1. Its a well known security tool. I am learning about one of its application called as digital signature which make use of this technique to secure the information. Thanks for this short introduction.<br /><a href="http://www.arx.com&quot; rel="nofollow">digital signatures</a>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *