Kopi Vietnam
Kopi Vietnam sebenarnya juga kopi biasa, namun memiliki cara penyajian yang unik. 

Penyajian ini dinilai memiliki cita rasa tersendiri yang eksotis karena juga menggunakan gelas / alat khusus, bernama Vietnam coffee drip filter . Rasa kopi yang dihasilkan  sangat kuat dan kaya karena diseduh langsung ke dalam gelas. Kalau cairan kopinya mirip kopi espresso tapi agak encer. Untuk tentang kopi espresso bisa dibaca Disini. Tanpa ampas karena gelas bagian atas befungsi sebagai filetr dan gelas bawah berfungsi sebagai wadah penampung cairan pekat kopi tanpa ampas. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar dibawah ini.



Alat yang dibutuhkan adalah Vietnam Coffee Filter dan Gelas kaca bening. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah Kopi hitam (kalau ada kopi asli Vietnam), susu kental dan air panas.

Cara pembuatannya cukup mudah, ambil saringan kopi dari dalam Vietnam Coffee Drip Filter, kemudian masukkan 3 (tiga) sendok kopi hitam bubuk. Akan lebih bagus apabila bubuknya tidak terlalu halus supaya tidak semua serbuk jatuh kedalam gelas wadah / penampung.

Langkah selanjutnya tuangkan susu Kental kedalam gelas wadah penampung. Untuk banyaknya susu yang dituang tergantung dari selera masing-masing. Makin banyak susu, makin manis rasa kopi yang nantinya dihasilkan. Biasanya sekitar 3 sendok makan.

Langkah terakhir, letakkan Vietnam Coffee Drip Filter diatas gelas wadah / penampung. Isi Vietnam Coffee Drip Filter dengan air panas sampai hampir penuh. Tunggu sampai semua cairan kopi menetes ke dalam gelas penampung dibawahnya. Setelah Vietnam Coffee Drip Filter kosong, maka Kopi Vietnam ini siap dinikmati. Langsung aduk jika ingin dinikmati dalam keadaan panas yang penuh cita rasa, atau tuang kedalam gelas berisi es batu jika lebih suka menikmati kopi dingin segar.

Sungguh unik rasanya. Para pecinta kopi wajib mencobanya…..
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

No comments yet Categories: Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *