Kehebatan Hacker dan Tingkatan dalam Dunia Hacking
Pada tahun 1983, FBI menangkap sekelompok pemuda yang dinamakan “The 414’s”. Kelompok ini disebut sebagai kriminal di dunia komputer. Pasalnya mereka membobol 60 komputer. Kejadian ini sendiri terjadi di Milwaukee, Amerika Serikat. Komputer yang mereka bobol cukup bervariasi, mulai dari komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos sampai komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering. Mulai dengan kejadian inilah istilah hacker berkembang di dunia komputer dan jaringan komputer, dengan konotasi yang cenderung negatif.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang hacker , baca pula artikel hacker dan keamanan data yang saya buat beberapa waktu lalu.

Keluarnya film berjudul “War Games” pada tahun yang sama membuat konotasi negatifnya semakin parah.  Di ceritakan disitu, bahwa ada seorang programmer yang bisa terhubung ke komputer rahasia yang mengontrol persenjataan nuklir Amerika Serikat. Ada pula film yang dibintangi Angelina Jolie berjudul “Hackers” pada tahun 1995 dimana seorang programmer mampu mengalahkan sebuah perusahaan high-tech dalam menerobos sebuah sistem komputer. Masih ditambah lagi dengan munculnya Sandra Bullock dalam “The Net” tentang seorang pakar komputer wanita yang identitas dan informasi jati dirinya di dunia nyata telah diubah oleh seseorang.

Dari hala-hal tersebut diatas, membuat kita berpikir betapa hebatnya seorang hacker di dunia komputer. Tapi benarkah semacam itu? Entahlah… para hacker sendiri yang tahu.

Di dunia hacker, ada beberapa tingkatan hacker seperti Lamer, Script Kiddie, Developed Kiddie, Semi Elite, dan Elite. Lamer merupakan tingkat paling bawah dari seorang hacker, sedangkan Elite adalah tingkat paling atas atau dewa hacker.

Lamer adalah orang yang baru memiliki keinginan manjadi hacker. Biasanya mereka belum mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang memadai menjadi hacker. Biasanya mereka melakukan hacking menggunakan perangkat lunak trojan, nuke, dan DoS. Kegiatan mereka kebanyakan masih negatif dengan cara merentas kode kartu kredit.

Script Kiddie lebih tinggi sedikit diatas Lamer karena mereka  mempunyai pengetahuan teknis networking walaupun masih minimal. Aktivitas hacking mereka masih menggunakan tool tool dengan Grafic User Interface (GUI) dengan senjata andalan Trojan.

Tingkat selanjutnya adalah Developed Kiddie karena umur kelompok ini masih muda dan biasanya masih duduk dibangku pendidikan. Mereka mulai paham tentang metode hacking dan caranya. Mereka mencobanya di berbagai kesempatan yang mereka miliki. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil.

Semi Elite  mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang computer sehingga mampu menemukan lubang sebuah sistem operasi. Hacker pada tingkat ini masih menggunakan sejumlah kecil program untuk mengubah program eksploit.

Nah kalau hacker tingkat Elite inilah yang bisa disebut hacker tulen.  Mereka dikenal sebagai ujung tombak industri keamanan jaringan. Pemahaman tentang sistem operasi sisi luar dalam, dan menyambungkan jaringan secara global merupakan bekal hacker pada tingkatan ini. Mereka mampu masuk kedalam sebuah sistem tanpa terdeteksi. Karena mereka selalu mengikuti peraturan dan etika hacker yang ada. Mereka tidak merusak siste yang berhasil mereka susupi.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 thoughts on “Kehebatan Hacker dan Tingkatan dalam Dunia Hacking

  1. kebanyakan hacker yang ada cuma iseng doang sih, maksudnya masih banyak sekali yg menyalahgunakan ‘kepintaran’ mereka dalam dunia per-hackeran. hmm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *