Keamanan Komputer, Keamanan Informasi, Keamanan Teknologi Informasi, dan Keamanan Jaringan

Keamanan Komputer
Keamanan komputer merupakan suatu ilmu yang berkonsentrasi pada risiko yang berkaitan dengan penggunaan komputer, dan menjamin ketersediaan, integritas dan kerahasiaan informasi yang dikelola oleh sistem komputer. Selain itu, ilmu ini juga memastikan hanya pengguna berwenang saja yang boleh melakukan aktifitas dalam lingkungan komputasi yang aman.

Keamanan Informasi
Keamanan Informasi mengacu pada proses dan metodologi yang dirancang dan dilaksanakan untuk melindungi informasi dalam bentuk hardcopy / cetakan / tulisan, elektronik, atau bentuk lain dari informasi rahasia, pribadi dan sensitif. Melindungi informasi atau data dari akses yang tidak sah, penyalahgunaan, pengungkapan, kehancuran, modifikasi, atau gangguan.

Keamanan Teknologi Informasi
Keamanan Teknologi Informasi juga dikenal sebagai IT Security adalah proses penerapan langkah-langkah dan sistem yang dirancang untuk aman melindungi dan menjaga informasi (bisnis dan data pribadi, percakapan suara, gambar diam, gambar gerak, presentasi multimedia, dan bentuk lainnya) memanfaatkan berbagai bentuk teknologi yang dikembangkan untuk membuat, menyimpan, menggunakan dan pertukaran informasi tersebut terhadap akses yang tidak sah, penyalahgunaan, kerusakan, modifikasi, perusakan, atau pengungkapan yang tidak benar.

Keamanan Jaringan
Keamanan jaringan adalah proses dalam langkah-langkah pencegahan fisik dan perangkat lunak untuk melindungi infrastruktur jaringan dari akses yang tidak sah, penyalahgunaan, kerusakan, modifikasi, perusakan, atau pengungkapan yang tidak benar, sehingga menciptakan sebuah platform yang aman untuk komputer, pengguna dan program dalam lingkungan yang aman.

Dalam laman Wikipedia dikatakan bahwa Keamanan Informasi berarti melindungi informasi dan sistem informasi dari akses yang tidak sah, penyalahgunaan, pengungkapan, gangguan, modifikasi, atau penghancuran. Istilah keamanan informasi, keamanan komputer dan jaminan informasi yang sering digunakan secara bergantian. Bidang ini saling terkait dan berbagi tujuan bersama untuk melindungi kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi;.. namun, ada beberapa perbedaan halus antara mereka perbedaan ini terutama terletak dalam pendekatan untuk subjek, metodologi yang digunakan, dan bidang keamanan informasi konsentrasi berkaitan dengan kerahasiaan, integritas dan ketersediaan data terlepas dari bentuk data seperti elektronik, cetak, atau bentuk lainnya.

Keamanan Informasi bukan teknologi tunggal; melainkan strategi terdiri dari proses, alat dan kebijakan yang diperlukan untuk mencegah, mendeteksi, dokumen dan kontra ancaman terhadap informasi digital dan non-digital. Proses dan kebijakan biasanya melibatkan baik langkah-langkah keamanan fisik dan digital untuk melindungi data dari akses yang tidak sah, penggunaan, replikasi atau perusakan. manajemen keamanan informasi dapat mencakup segala sesuatu dari encryption manajemen kunci dan deteksi malware.

Keamanan Informasi penting untuk menjaga kerahasiaan, integritas dan ketersediaan sistem TI dan data bisnis. Banyak perusahaan besar mempekerjakan sekelompok personal keamanan khusus untuk menerapkan dan memelihara keamanan informasi organisasi. Biasanya, kelompok ini dipimpin oleh seorang petugas keamanan informasi kepala (CISO).

 

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

2 thoughts on “Keamanan Komputer, Keamanan Informasi, Keamanan Teknologi Informasi, dan Keamanan Jaringan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *