Keamanan Informasi dan Game Pokemon Go

Banyak yang berkata bahwa Game atau aplikasi Pokemon Go sangat berbahaya. Baik itu perorangan, para pakar bahkan pihak pemerintah dan instansi resmi lainnya. Yang lebih heboh, ada beberapa negara yang langsung memblokir game atau aplikasi ini. Dikabarkan juga bahwa Pokemon GO adalah salah satu bagian dari rencana konspirasi untuk mengumpulkan informasi dari seluruh dunia. Entah siapa yang merencanakan. Sebuah negara atau sebuah perusahaan swasta.

Dikabarkan pula game yang digemari sekaligus ditakuti ini dapat memetakan semua tempat yang sebelumnya tidak terjamah oleh satelit luar angkasa. Disini peran para pencari mahluk lucu virtual ii adalah memetakan lokasi tertentu dimana mereka memainkan aplikasi ini.

Bahkan ada yang berpendapat  game ini adalah sebuah pembodohan yang dilakukan kaum bilderberg (kaum bilderberg?) dalam bentuk game yang terbalut teknologi interconnecting geospasial. Disampaikan disana, permainan  digital ini disinyalir merupakan perangkat intelijen yang sengaja diciptakan untuk merekonsiliasi data citra fisik valid untuk memetakan setiap sudut wilayah negara-negara dimana para user mengaktifkannya.

Pemanfaatan dari game buatan Niantic The Pokemon Company ini adalah sebagai pelengkap google earth dan google maps saat tak mampu menjangkau gambaran sempurna 3 dimensi dalam sebuah wilayah untuk memetakan sistem pertahanan dan unit-unit vital setiap negara lewat game yang mengkoneksikan fitur kamera, maps dan data celular.

Perlu disadari bahwa sebenarnya, sebelum adanya Pokemon Go, telah banyak aplikasi yang bisa membocorkan informasi info koordinat, seperti aplikasi foto yang menggunakan smartphone Android. Foto tersebut bisa saja menggandung foto koordinat. Jika foto tersebut kita upload ke Facebook, Path, Instagram, Foursquare atau Twitter, bisa sekaligus membocorkan informasi koordinat yang ada didalamnya.

Melalui sebuah situs yang mempunyai url www dot beritasatu dot com , dengan judul pokemon-go-bahaya-ini-kata-mabes-polri (diakses 22/07/2016 09.34 wib) , diberitakan, Mabes Polri tak sampai perlu mengimbau masyarakat untuk tidak memainkan permainan Pokemon Go di kantor dan instalasi strategis dengan alasan akan menimbulkan risiko keamanan. Hanya disampaikan bahwa yang mau bermain harus benar paham apa yang dimainkan dan di mana bermainnya. Jangan sampai mengganggu kerja atau aktivitas dan kenyamanan orang lain. Hal tersebut disampaikan oleh Karo Penmas Polri Brigjen Agus Rianto pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2016.

Jika dikatakan bahwa Game berbasis Linux Android ini membahayakan keamanan informasi negara, kita belum tahu kebenarannya. Jika dikatakan bahwa game tersebut harus dilarang dimaninkan oleh PNS dan anak sekolah pada jam kantor / jam sekolah, maka itu benar sekali. Tidak hanya game Pokemon Go yang harus dilarang dimainkan di saat jam kerja di tempat kerja atau saat jam sekolah di sekolah, tapi semua game.

Seorang sahabat menyampaikan pendapat . “Anda lah faktor terpenting ketika berbicara tentang Keamanan Informasi” Jadi, SEC_RITY is not complete without U.

Setuju?

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *