Java Servlet merupakan teknologi Web Java yang paling awal

Java Servlet merupakan satu teknologi web untuk Java. Servlets adalah teknologi web pertama yang diterapkan pada pemrograman Java. Banyak teknlogi web yang muncul setelah Java Servlets. Walaupun teknologi ini boleh dibilang sudah cukup lama, tapi, Java Servlets sangat berguna untuk penggunaan tertentu.

Servlet merupakan bagian dari pemrograman Java digunakan untuk memperluas kemampuan server. Java Servlet dapat menanggapi setiap jenis permintaan, biasanya digunakan untuk memperpanjang aplikasi host oleh server web. Aplikasi yang berjalan dengan menggunakan Java Servlet dapat dianggap sebagai aplikasi Java yang berjalan di server bukan di web browser sebagai Server Side Aplication.

Java Servlets adalah bagian dari Java Enterprise Edition (Java EE). Kita akan perlu menjalankan Java Servlets pada web server bila dalam code Java terdapat Java Servlets kontainer.

Sebuah Servlet Java adalah objek Java yang merespon permintaan HTTP. Ini berjalan di dalam wadah Servlet. Supaya lebih gampang , coba lihat gambar berikut :

 Servlet adalah bagian dari aplikasi web Java. Sebuah wadah Servlet dapat menjalankan beberapa aplikasi web pada saat yang sama, masing-masing memiliki beberapa servlet berjalan didalamnya. Perhatikan gambar berikut :

Web applications with multiple servlets inside a Java Servlet container
Sebuah aplikasi web Java dapat berisi komponen lain dari servlet. Hal ini juga dapat berisi Java Server Pages (JSP), Java Server Faces (JSF) dan Web Services.

Browser mengirimkan permintaan HTTP ke server web Java. Web server akan memeriksa apakah permintaan tersebut untuk servlet. Jika ya, permintaan diarahkan ke wadah servlet. Kontainer servlet kemudian akan melihat permintaan tersebut dan mengaktifkan servlet itu. Servlet diaktifkan dengan memanggil metode Servlet.service ().

Setelah servlet telah diaktifkan melalui metode Servlet.service (), servlet memroses permintaan, dan menghasilkan tanggapan. Respon atau tanggapan tersebut kemudian dikirim kembali ke browser untuk disampaikan kepada user yang meminta layanan tadi.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

2 thoughts on “Java Servlet merupakan teknologi Web Java yang paling awal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *