Jaringan Komputer Sebuah Pengenalan

Pada kehidupan kita sehari-hari sekarang ini, kita tak lepas dengan koneksi internet. Pada saat ber “Online Social Media” , pastilah kita menggunakan internet. Internet sendiri berasal dari kata Interconnection Network yang boleh kita artikan dengan Jaringan Komputer Global. Lalu apa arti Jaringan Komputer itu sendiri?

Jaringan Komputer bisa diartikan sebagai sebuah jaringan yang terdiri atas 2 atau lebih komputer, yang terkoneksi secara bersama untuk saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya yang dimiliki. Disini bisa kita lihat tujuan dari dibuatnya sebuah jaringan komputer adalah agar dua buah komputer dapat saling “berbicara” atau bertukar data informasi. Selain itu juga juga untuk bebagi sumber daya seperti printer, file, CD-ROM, Harddisk, dan lain sebagainya.

Dengan adanya jaringan komputer ini, kita semakin dimudahkan. Sebelum adanya jaringan komputer, untuk berbagi file dokumen atau file gambar , kita haru menggunakan media seperti diskette yang harus kita pasang secara manual ke dua komputer yang mau berbagi file tersebut. Namun dengan adanya jaringan komputer kita sudah tidak harus melalukan hal tersebut diatas. Cukup akses file tersebut lewat jaringan atau koneksi yang sudah terbentuk itu.

Kita dapat membedakan satu tipe jaringan dengan melihat dari berbagai macam sisi, antara lain dari sisi media koneksi yang digunakan. Media koneksinya antara lain kabel UTP, kabel kabel coaxial, serat optik, dan frekuensi radio atau yang lebih dikeal dengan wireless. Disamping dilihat dari sisi media koneksi, kita juga bisa melihat tipe jaringan dari ukuran jaringan, metoda manajemen, dan dari sisi topologinya.

Dari sisi ukuran, sebuah jaringan bisa dibedakan menjadi Local Area Netwok (LAN), Wide Area Network (WAN) dan Metropolitan Area Network (MAN). Sedangkan dari sisi metoda manajemen, jaringan komputer terbagi menjadi dua tipe yaitu Peer-to-Peer dan Client/Server. Jika dilihat dari topologi yang membentuk sebuah jaringan , bisa dibedakan menjadi tujuh, yaitu topologi bus, star, ring, line, tree, mesh, dan full connected. Diluar itu masih ada topologi gabungan, yaitu topologi yang terbentuk dari menggabungkan 2 atau lebih topologi diatas.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

2 thoughts on “Jaringan Komputer Sebuah Pengenalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *