Bijak Menggunakan Internet Banking Kunci Kenyamanan dan Keamanan

Kembali sebuah kejadian mencoreng wajah internet banking di Indonesia. Pembobolan sebuah akun internet banking kembali diberitakan oleh media cetak. Sebuah kondisi yang sangat disayangkan karena sebenarnya fasilitas yang disediaka oleh pihak perbankan ini sangat bermanfaat. Fasilitas yang didukung oleh teknologi komunasi dan teknologi informatika ini sungguh sangat membantu pelanggan. Kemudahan yang harusnya menjadi salah satu keunggulan sebuah bank.

Menurut website dictionary (dot) cambridge (dot) org , arti internet banking adalah “the system that allows you to put in or take out money from a bank account by using the internet”. Atau boleh diterjemahkan secara bebas oleh penulis “sebuah sistem atau fasilitas yang memungkinkan Anda untuk memasukkan uang ke dalam rekening bank atau mengambil uang dari rekening bank dengan menggunakan / lewat internet”.

Internet banking adalah sebuah teknologi yang tentu saja memiliki sisi sisi yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang bermaksud jahat. Hal inilah yang menjadi ketakutan pengguna internet banking. Yang sangat disayangkan adalah apabila hal ini terus berlanjut, akan membuat image jelek internet banking di mata masyarakat pengguna jasa keuangan bank. Apalagi jika pemilik rekening bank yang belum menggunakan fasilitas internet banking. Ketakutan akan semakin menjadi. Dan pada akhirya hal ini akan merugikan dunia perbankan secara umum.

Sisi keamanan memang menjadi hal yang sangat penting di dunia maya. Apalagi jika itu berhubungan dengan mengambil dana di rekening. Sekali saja keamanan bobol maka akan sangat susah membuat pelanggan bank “mempercayai” internet bank ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan internet banking ini. Antara lain dari sisi pengguna.  Ganti password akun Internet Banking Anda secara berkala, misalnya tiap 2-3 bulan sekali, dengan kombinasi yang unik dan sulit diketahui oleh orang lain. Pastikan komputer Anda bebas dari segala aplikasi berbahaya seperti virus, malware, spyware, ataupun bentuk aplikasi‐aplikasi lainnya.

Jangan sampai Anda menyimpan akun user ID dan password Internet Banking di komputer Anda maupun melalui fasilitas pengingat password yang ada pada internet browser.Jangan pernah  memberitahukan akun user ID dan password Internet Banking pada pihak lain. Dan yang terakhir, pastikan Anda mengakses Internet Banking melalui alamat resmi situs Internet Banking pada bank Anda.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 thoughts on “Bijak Menggunakan Internet Banking Kunci Kenyamanan dan Keamanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *