Integrasi Data, Pengertian dan Manfaatnya

Pengertian

Ketersediaan data merupakan hal yang sangat vital bagi para pengambil keputusan di level top manager. Selain tersedia, perlu adanya ketepatan dan keakuratan serta kecepatan dalam memperoleh dan memproses data-data yang dibutuhkan untuk diolah menjadi suatu informasi yang berguna bagi pihak manajemen atau eksekutif.

Permasalahan yang muncul adalah ketika pihak manajemen menginginkan adanya proses pengawasan dan pelaporan yang cepat dan akurat tidak dapat dilakukan dengan baik dan cepat, dikarenakan setiap aplikasi sistem informasi tersebut berdiri sendiri dan dalam proses pengembangannya tidak memperhatikan faktor integrasi. Bagi sebuah organisasi yang sudah memiliki berbagai sistem informasi yang sangat bervariasi baik platform maupun database yang dipakai, pasti menemui kendala yang cukup besar dalam menyajikan data yang melibatkan data dari beberapa database yang berdiri sendiri.

Untuk mengatasi kondisi diatas, diperlukan proses integrasi data. Integrasi database merupakan suatu proses pengkombinasian dua atau lebih database agar mempermudah dalam berbagi dan analisis, yang pada akhirnya mampu menjadi pertimbangan top manajemen dalam mengambil keputusan. Integrasi database menggabungkan data dari berbagai sumber sistem aplikasi yang berbeda ke dalam sebuah penyimpanan seperti gudang data (data warehouse) atau kedalam database tunggal.

Dalam melakukan manajemen suatu database, diperlukan adanya suatu tool berupa perangkat lunak atau software. Salah satu tool untuk integrasi data adalah Apatar. Apatar, Inc adalah pengembang dari produk data integrasi yang Open Source. Apatar adalah tool yang inovatif dan ampuh software ini dirancang untuk memberikan manfaat produktivitas yang luar biasa untuk organisasi-organisasi yang akan memindahkan data yang masuk dan keluar dari sumber yang berbeda. Aplikasi ini meliputi data warehouse, migrasi data, sinkronisasi dan integrasi aplikasi. Apatar memungkinkan para pengguna untuk dengan mudah bertukar informasi antara aplikasi (Salesforce.com, QuickBooks, SugarCRM), database (seperti MySQL, Microsoft SQL, Oracle), file yang terstruktur / tidak terstruktur seperti(XML, CSV, TXT), dan berbagai tujuan dari Web 2.0 (Flickr, Amazon S3). Apatar saat ini digunakan oleh 10.000 organisasi + dan perorangan di seluruh dunia. Apatar juga menyediakan konsultasi dan layanan Salesforce integrasi data.

Manfaat

  • Data yang sama dapat dipakai bersama antar bagian organisasi (antar instansi) sehingga tidak terjadi redundancy data yang bisa memperlambat kinerja database.
  • Duplikasi data yang mengakibatkan menurunnya integritas dan validitas data bisa dihindari
  • Kondisi aplikasi yang berbeda mengharuskan re-entry data di masing-masing aplikasi. Dengan integrasi data hal tersebut bisa dihilangkan.
  • Integrasi proses memiliki keuntungan dalam mempertahankan legacy aplikasi yang sudah berjalan, dan memberikan value-added terhadap hal tersebut dengan mengintegrasikannya dengan aplikasi lain.
  • Integrasi juga memungkinkan penambahan suatu fitur dari aplikasi yang sudah ada, tanpa harus merombak total struktur aplikasi yang lama. Hal ini akan lebih hemat dari sisi cost dan lebih cepat dari sisi development dibandingkan harus membuat suatu aplikasi utuh yang baru.
  • Peningkatan kemampuan dalam berkompetisi adalah salah satu manfaat dari integrasi data. Manfaat-manfaat lain yang dapat dirasakan adalah layanan yang konsisten, penurunan biaya transaksi, dan kemudahan teknologi  informasi dalam beradaptasi terhadap perubahan bisnis.
  • Single source of truth, jadi anda tidak harus kewalahan untuk mencari data di beberapa sistem yang berbeda-beda, contoh : jika ada customer yang menanyakan status dari PO mereka kepada perusahaan anda, maka otomatis customer service akan tetapi jika mereka harus mencari dibeberapa sistem yang berbeda, maka ini akan meningkatkan resiko kesalahan dan keterlambatan karena harus memakan waktu lebih banyak.
  • Kapabilitas anda menjadi konsisten, ketika karyawan anda dapat dengan yakin melakukan pekerjaannya dan tidak tersesat dalam sistem.
  • Database yang tertata rapi, anda bisa mengenerate reporting dengan mudah dan mencari data atau history anda dengan cepat.
  • User interface menjadi lebih konsisten, ketika anda memiliki single platform sistem yang terintegrasi, hal ini menjadi sangat penting, karena user(karyawan baru/lama) dapat dengan mudah membiasakan diri dengan sistem dan tidak perlu belajar atau kebingunan dengan sistem yang berbeda-beda ataupun baru.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *