HTML for Hypertext Markup Language

HTML (Hypertext Markup Language) adakah sebuah bahasa khusus yang dipergunakan untuk berkomunikasi antara server web dengan client browser. Karena kemampuannya yang sedemikian rupa, maka HTML digunakan untuk membuat halaman website. Bahasa ini termasuk sederhana, karena hanya menggunakan “tag” (tanda khusus) untuk menyatakan suatu hal / berkomunikasi.
Halaman website sendiri sebenarnnya sebuah halaman text biasa. Hanya saja browser di sisi client mempunyai cara untuk memformat tampilan di layar monitor, sesuai dengan “pesan” yang termuat pada tag tersebut.
Tag tag itu memberikan informasi kepada web server untuk memberikan dokumen website  yang dibutuhkan client browser. Disamping itu, tag tag tersebut  juga memberikan informasi kepada client browser untuk  menampilkan document website yang telah diperoleh dari server web.
Tag tag ini juga mampu menghubungkan satu dokumen dengan dokumen yang lain, dengan tag yang disebut link. Semua tag tersbut diatas sudah mempunyai standarisasi internasional yang dimotori oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Seperti apa sih tag itu ? Perhatikan contoh potongan kode HTML   dibawah ini :
Apa kabar <b>Teman!!</b>
Pada contoh tersebut, kita melihat ada tanda “<” dan “>”, nah gabungan antara tanda tersebut dengan isi diantara tanda tersebut disebut tag. Tag <b> diatas adalah tag yang “menyuruh” browser untuk menampilkan teks yang ada diantara <b> dan </b> dengan format tebal/ bold.
Secara umum Tag HTML sendiri dibagi menjadi dua jenis  yaitu tag kontainer yang memiliki penutup dan tag standalone yang berdiri sendiri / tidak memiliki penutup.
Sebagian besar tag HTML adalah berjenis kontainer, seperti tag <b> </b> diatas.  Sedangkan contoh yang standalone adalah tag <br> untuk perintah ganti baris dan tag <hr> untuk menggambarkan garis pembatas horizontal.

Kalau menurut pendapat Anda gimana?

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

No comments yet Categories: HTML

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *