Hacker dan Cracker pada Keamanan Data

Dewasa ini ancaman terhadap sistem komputer ataupun data yang tersimpan didalamnya semakin banyak baik dari sisi kualitas maupun kuantitasnya. Sistem komputer yang terkoneksi ke jaringan lebih rentan terhadap ancaman keamanan sistem komputer. Baik yang terkoneksi ke jaringan internet dan jaringan intranet sama sama akan menjadi target serangan dari pihak yang kurang bertanggungjawab.

Ancaman dan serangan pada sistem komputer atau data yang tersimpan didalamnya, biasanya datang dari oknum yang disebut hacker dan cracker. Apa beda hacker dengan cracker? Kalau boleh disimpulkan, sebenarnya hacker adalah para programmer yang “sangat senang” mengutak utik perangkat lunak terutama perangkat lunak pengamanan jaringan.
Software –software pengaman jaringan merupakan tantangan yang menarik untuk mereka taklukan. Bagi seorang hacker, bisa menembus firewall, access keys atau password merupakan daya tarik yang demikian besar untuk ditembus.

Ada dua jenis hacker yang dibedakan dari tujuan mereka melakukan otak atik. Yang memiliki tujuan hanya untuk memuaskan kemampauan programmingnya dalam menaklukan “rintangan jaringan” disebut White Hacker. Sedangkan yang mempunyai niat jahat dengan mencuri atau merusak data yang ada dalam komputer yang berhasil disusupinya disebut dengan Black Hacker.

Terus kalau cracker ? Cracker dipastikan mempunyai niat jahat. Mereka adalah orang-orang yang menembus pertahanan keamanan sistem komputer untuk merusak, mencari keuntungan pribadi dan merugikan pemilik sistem computer.

Apa beda Black Hacker dengan Cracker ? Ada yang punya ide?
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 thoughts on “Hacker dan Cracker pada Keamanan Data

  1. hacker & craker sama mas tinggal niatnya bikin data lebih aman atau ingin membongkar isi data trus di acak2 … itu aja bedanya (ketho’e podo ya mas he he he)

    diajari dadi black hacker biar tau cara menanggulangi pengikutnya itu solusi, spt polisi diajari cara2 pencuri beraksi pasti mereka lihai menangkap pencuri ngono karepku mas … he he he

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *