Fitur Baru Android yang Menjaga Handphone Anda Tidak Terkunci Ketika Berada di Saku

Menjaga agar handphone kita tetap aman adalah penting. Namun, tidak ada yang menyangkal bahwa kita berkali-kali sering membuka kunci setiap harinya dan pada kenyataanya memang tidak perlu untuk terkunci. Pihak Google  berharap untuk memecahkan masalah tersebut dengan menciptakan fitur baru yang disebut”on-body detection”, atau dalam Bahasa Indonesia yaitu deteksi pada tubuh. Kepada mereka yang  siap mengorbankan beberapa tingkat keamanan demi mendapatkan kenyaman dalam waktu dekat akan segera dapat menikmati fitur ini, menjaga handphone anda tidak terkunci dan siap dipakai selamaberada di tubuh manusia.

Fitur ini pertama kali di ketahui oleh beberapa pembaca Android Police, dari screenshot yang di posting dijelaskan bahwa “on-body detection” akan menonaktifkan “kunci layar” sampai anda menaruh ponsel di atas meja atau permukaan lainnya. Sebagai contoh anda harus membuka kunci pertama kali menggunakan handphone di pagi hari, setelah itu selama anda. Fitur ini menggunakan perangkat anda sebagai accelerometer apakah perangkat masih di bawa pada tubuh. Jika perangkat anda mendeteksi bahwa dirinya (perangkat) sedang tidak berada di tangan, maka perangkat anda tidak akan bisa. Tapi selama Anda menyimpan ponsel di tangan Anda, saku, atau tas setelah menggunakannya, perangkat akan tetap dalam keadaan tidak terkunci dan siap untuk digunakan. Setelah Anda tiba di kantor dan meletakkan handphone di meja, handphone akan kembali terkunci normal seperti sebelumnya.

Mengorbankan keamanan demi kenyamanan

Fitur ini bekerja dengan menjadikan handphone anda sebagai accelerometer yang mendeteksi apakah perangkat sedang di berada pada tubuh (body detection) atau berada di tempat lain. Tentu saja, fitur tersebut tidak akan dapat menentukan apakah Anda atau orang lain yang membawa handphone Anda. Jika Anda memberikan telepon ke teman atau orang lain kemungkinan besar perangkat tetap dalam keadaan tidak terkunci. Namun beberapa opsi keamanan yang sedang di kembangkan untuk perangkat Nexus dan beberapa ponsel android lainnya diharapkan segera terealisasi secepatnya melalui update Google Play Service, pengembangan beberapa opsi keamanan tersebut bias menjadi solusi dari permasalah security atau privasi diatas diantaranya adalah fitur trusted places, trusted devices dan trusted faces.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *