Firefox OS yang Baru untuk SmartPhone

Semakin banyaknya varian smartphone yang dibuat oleh banyak pabrik memicu sebuah “peperangan” pula dari sisi Operating System yang ditanam dalam SmartPhone tersebut. Dunia Telepon pintar dan Tablet PC semakin sesak. Banyak jenis jenis baru yang  bermunculan. Sebut saja yang sudah sering kita dengar seperti Windows Phone, Blackberry, iOS, dan tentunnya Android.

Belum lagi Operating System SmartPhone yang masih jarang kita dengar seperti Ubuntu Toch, Sailfish Jolla, Tizen dari Samsung dan juga Firefox OS dari Mozilla. Nama Mozilla tentu sudah tak asing di tekingan kita, namun kehadirannya Mozilla dalam sebuah OS dalam SmartPhone, terasa agak asing bagi masyarakat luas.

Firefox OS tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan tempat di hati pengguna SmartPhone. Mungkin dikarenakan nama besar Mozilla. Sebenarnya OS ini sudah hadir cukup lama. Sejak bulan Juni 2013 di Amerika Selatan, tepatnya di Venezuela dan Brazil. Disusul dengan kehadirannya di Eropa, khususnya di Spanyol, Protugal, dan Polandia. Tak tanggung tanggung, pada akhir 2013, OS ini “mengetuk pintu” 11 negara lainnya.

Firefox OS sendiri berbasis Open Source seperti Ubuntu Toch yang lahir dari ahli ahli Canonical. Namun ada sedikit perbedaan. Salah satu perbedaan itu adalah pengembangan aplikasi dan komunikasi pada Mozilla ini lebih terbuka. Aplikasi pada OS yang namanya sangat mirip browser website ini berbasis pada HTML5.

Yang lumayan hebat, sejak kemunculannya, sudah ada beberapa operator tingkat dunia yang telah menyatakan diri ikut mendukung Sistem Operasi Telepon Pintar ini. Tak kurang dari nama besar seperti America Movil, Deutsche Telekom, Etisalat, Hutchison Three Group, KDDI, KT, MegaFon, SingTel, Smart, Sprint, Telefonica, dan beberapa operator telepon lokal lainnya di masing masing negara. Mungkin dari beberapa nama yang tersebut diatas , hanya beberapa yang cukup akrab dengan telingan orang Indonesia , seperti Hutchison Three Group dan SingTel. Sedangkan operator Smart yang disebut ini , belum ada kepastian apakah sama dengan Smart yang ada di Indonesia.

Kayaknya kurang asik kalau kita tidak menyaksikan atau sendiri seperti apa Firefox OS itu. Silakan rasakan sendiri “gurih” tidaknya OS SmartPhone bikinan Mozilla ini. Sudah banyak kok di Indonesia.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

6 thoughts on “Firefox OS yang Baru untuk SmartPhone

  1. Android dan iOS. Mozilla sendiri menjamin kebebasan bagi pengembang aplikasi untuk merilis aplikasinya diluar pasar daring yang dimiliki Mozilla yaitu Firefox Market atau di pasar yang dimiliki sendiri oleh pengembang aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *