Filateli, Riwayatmu Kini

Kapan kita berkirim surat lewat pos terakhir kali? Sebulan yang lalu? Setahun yang lalu? Atau sepuluh tahun yang lalu. Karena lamanya kita sampai lupa kapan kita berkirim surat lewat pos yang biasa kita bubuhi perangko itu.

Perangko? Apa itu perangko? Saat ini benda yang satu ini semakin tidak dikenal. Kita lebih mengenal SMS, Handphone, Blackberry Messager (BBM), dan e-mail. Bahkan kalau kita tanyakan pada anak berumur 5 tahun, mereka akan sangat tidak mengenal perangko. Apalagi kalau kita tanyakan tentang filateli. Sama sekali mereka tidak bakalan tahu.

Ironis sekali, kalau kita sampai lupa tentang filateli. Padahal tanggal 18-24 Juli 2012 kemarin diadakan acara filateli terbesar didunia yang dilaksanakan di Jakarta, Indonesia. Nama kegiatannya Pameran Filateli Internasional “Indonesia 2012”. Ada 70 negara yang ikut dan menghadiri pameran itu. Sedang kita, warga Negara Indonesia, banyak yang tidak kenal filateli itu sendiri.

Filateli bukan barang baru. Kegiatan ini sudah berumur 82 tahun. Tanggal 22 Maret 1922 kelompok ini resmi dibentuk. Sebenarnya jumlah anggota filateli di Indonesia termasuk besar, namun kurang terbina dengan baik. Sosialisasipun jarang ada. 

Kegiatan filateli sudah tidak terdengar lagi sekarang. Suatu kenyataan pahit yang harus diterima oleh orang Indonesia. Sedih juga rasanya… 
Semua ini salah siapa?
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

12 comments Categories: Umum

12 thoughts on “Filateli, Riwayatmu Kini

  1. Kalo postingan kayak gini masih nyambung saya pak hehee. Btw dulu waktu kecil saya koleksi prangko juga lo. Kalo sekarang uadh jarang surat2an sih ya…

  2. Sekarang orang tulis surat banyakan langsung lewat email, lebih praktis dan cepat. Terakhir aku masih kirim2 surat itu th 1996 ..

    salam kenal, boleh kok tukeran link …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *