eye OS , sebuah Operating System Berbasis Web
eyeOS merupakan desktop web yangt mengikuti konsep komputasi awan yang berusaha untuk memungkinkan kolaborasi dan komunikasi di antara pengguna melalui media internet. Operating System ini ditulis dalam PHP, XML, dan JavaScript. Ini adalah platform aplikasi cloud pribadi-dengan antarmuka desktop yang berbasis web. Biasa disebut desktop awan karena user interface yang unik, eyeOS memberikan seluruh desktop dari awan dengan manajemen file, alat-alat informasi manajemen pribadi, alat kolaboratif dan dengan integrasi aplikasi klien.
Versi pertama eyeOS tersedia untuk umum yang dirilis pada tanggal 1 Agustus 2005 sebagai eyeOS 0.6.0 di Olesa de Montserrat, Barcelona (Spanyol). Pada saat itu, ia sangat berpartisipasi dalam menciptakan definisi sistem operasi web dan bertindak sebagai sebuah konsep. Dengan cepat, sebuah komunitas pengembang di seluruh dunia dan mengambil bagian dalam proyek dan membantu memperbaikinya dengan cara menerjemahkan, menguji dan mengembangkan itu. Setelah dua tahun pembangunan, Tim eyeOS menerbitkan eyeOS 1.0 (pada tanggal 4 Juni 2007).
Dibandingkan dengan versi sebelumnya, eyeOS 1.0 memperkenalkan reorganisasi kode lengkap  dan beberapa teknologi web baru, seperti eyeSoft, sistem instalasi perangkat lunak berbasis web-portage. Selain itu, eyeOS juga memperkenalkan eyeOS Toolkit, satu set library yang memungkinkan pengembangan yang mudah dan cepat untuk aplikasi web.  Dengan rilis eyeOS 1.1 pada tanggal 2 Juli 2007, eyeOS berubah lisensi dan bermigrasi dari GNU GPL Versi 2 sampai 3 Versi.
Versi 1.2 dirilis hanya beberapa bulan setelah versi 1.1 dan kompatibilitas penuh (terintegrasi) dengan file Microsoft Word.  eyeOS 1.5 Gala dirilis pada tanggal 15 Januari 2008 Versi ini adalah yang pertama mendukung Microsoft Office dan format file OpenOffice.org untuk dokumen, presentasi dan spreadsheet. Versi ini juga memiliki kemampuan untuk impor dan ekspor dokumen dalam kedua format menggunakan server side scripting. eyeOS 1.6 dirilis pada tanggal 25 April 2008 dengan  banyak perbaikan seperti sinkronisasi dengan komputer lokal, drag dan drop, versi mobile dan banyak lagi.
eyeOS 1.8 Lars dirilis pada tanggal 7 Januari 2009 dan menampilkan file manager yang ditulis ulang dan API suara untuk mengembangkan media aplikasi. Kemudian, pada April 1, 2009 1.8.5 dirilis dengan tema default baru dan beberapa aplikasi ditulis ulang seperti Word Processor atau Address Book. Pada 13 Juli 2009 1.8.6 dirilis dengan antarmuka untuk iPhone dan versi baru dari eyeMail dengan dukungan untuk POP3 dan IMAP. eyeOS 1.9 Dirilis 29 Desember 2009 itu ditindaklanjuti dengan 1.9.0.1 rilis dengan perbaikan minor pada Februari 18, 2010. Kedua rilis terakhir adalah rilis terakhir dari antarmuka “DESKTOP CLASSIC”. Sebuah re-design besar dirilis diselesaikan pada Maret 2010 produk baru ini dinamai EyeOS 2.x .
Pada 14 Desember 2010, sebuah kelompok kerja dalam eyeOS pengembangan masyarakat opensource memulai pengembangan struktur dan peningkatan lebih lanjut dari eyeOS 1.9.x. Tujuan utamanya adalah untuk melanjutkan pekerjaan eyeOS telah berhenti di 1.9.x. EyeOS merilis 2,5 pada 17 Mei 2011 Ini adalah rilis terakhir di bawah lisensi open source.
Pada April 1, 2014 Telefónica mengumumkan akuisisi eyeOS, tapi akuisisi ini memperkuat rencana layanan cloud mobile masa depan dan pengembangan solusi perangkat lunak bebas. eyeOS akan mempertahankan kantor pusatnya di kota Catalan, di mana staf mereka akan terus bekerja tapi sekarang akan merupakan bagian dari Telefónica. Setelah integrasi ke dalam Telefónica, eyeOS akan terus berfungsi sebagai anak perusahaan independen, yang dipimpin oleh CEO saat ini, Michel Kisfaludi.
Pada server, eyeOS menggunakan file XML untuk menyimpan informasi. Hal ini mempermudah  pengguna untuk melakukan pengaturan di server, karena tidak membutuhkan konfigurasi.
Professional Edition A Professional Edition dari eyeOS diluncurkan pada tanggal 15 September 2011 sebagai solusi komersial untuk bisnis. Ini menggunakan nomor versi baru dan dirilis di bawah versi 1.0 bukannya melanjutkan dengan nomor versi berikutnya dalam open source project.The Professional Edition mempertahankan antarmuka desktop yang digunakan oleh web versi open source, sementara menargetkan pengguna perusahaan. Sejumlah fitur baru yang dirancang untuk perusahaan seperti file sharing dan sinkronisasi (disebut eyeSync), Active Directory / LDAP konektivitas, sistem yang luas kontrol administrasi dan alat eksekusi file lokal bernama eyeRun diperkenalkan. Sebuah suite baru Web Apps (A mail client, kalender, instant messaging dan kolaborasi alat) juga diperkenalkan, khusus untuk edisi enterprise untuk desktop web. Dengan Edition eyeOS Professional 1.1, task manager alat untuk-do, integrasi Citrix XenApp dan Facebook seperti ‘wall’ untuk kolaborasi diperkenalkan.
Sumber :  http://en.wikipedia.org/wiki/EyeOS
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

12 thoughts on “eye OS , sebuah Operating System Berbasis Web

  1. saya belum siap pake OS berbasis cloud mengingat koneksi inet masih belum stabil (termasuk kondisi dompet juga belum stabil). Saat ini saya menggunakan blankon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *