Dunia Media Sosial Digital adalah Keniscayaan

Media Sosial

Mau tidak mau, siapp ataupun tidak ssiap, kita akan didera oleh yang namanya Badai Digitalisasi. Yang sudah mempersiapkan diri akan terlindung dari dampak negatifnya. Yang belum atau tidak mempersiapkan diri akan tersapu oleh sisi negatifnya yang cukup seram.

Seperti semua hal didunia ini, pasti media sosial digital mempunyai sisi positif dan negatif. Ibaratnya pisau bisa dipakai untuk tujuan baik ataupun tujuan buruk. Apalagi bagi orang-orang yang belum mengenal baik dunia media sosial digital dengan baik. Media jenis ini mampu menyeret mereka kearah yang tidak semestinya. Dampaknya bisa sangat buruk, baik diri mereka sendiri atapun orang lain disekitar mereka. Mirip kalau kita memberi sebilah pisau kepada anak/ bayi berumur 3 tahun.
Dari sebuah penelitian, diperoleh informasi yang cukup mengejutkan. Sebanyak 60 persen dari orang-orang yang telah menjadi “warga” media sosial digital, adalah kaum muda yang berumur 13 hingga 40 tahun. Dimana dalam penelitian itu, rata-rata memiliki persoalan dalam etika berkomunikasi dalam media online / internet. Dari sini, diambil kesimpulan bahwa pengetahuan dan pemahaman etika berkomunikasi lewat internet adalah hal yang sangat penting dan pokok. Hal itu harus segera ditanamkan pada semua “warga” media sosial digital.
“Warga disini tidak hanya pemilik akun pribadi saja , tapi juga pemegang akun media sosial digital perusahaan dan instansi pemerintah. Jangan sampai, karena kurangnya pemahaman tentang etika ber- media sosial, menghambat tujuan mereka membuat akun media sosial. Tidak jarang, aktifitas di dunia digital membawa dampak kurang menyenangkan di dunia nyata karena etika komunikasi di media sosial yang tidak baik. Memerhati teknologi informasi, pakar komunikasi, pakar pendidikan, masyarakat dan pemerintah wajib memberi pencerahan kepada “warga” media sosial digital. Agar kejadian kejadian yang kurang menyenangkan tadi tidak terjadi lagi.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

2 thoughts on “Dunia Media Sosial Digital adalah Keniscayaan

  1. Dengan UU IT seharusnya bisa menekankan etika berkomunikasi di media sosial. Media sosial jangan di lihat dari segi negatif nya melulu menurutku ,karena jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik, kita bisa mendapat uang dari media sosial dengan menjadi Buzzer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *