Dukungan Hardware untuk Linux.
Pada saat pertama kali dibangun, Linux hanya dapat dijalankan pada hardware tertentu saja. Hardware yang dikenali oleh Linux masih sangat terbatas. Pada era tersebut, Linux hanya bisa dijalankan dari komputer standart. Prosesor yang dikenali hanya prosesor milik Intel dengan kode 386. Harddisk yang bisa dikenali oleh Linux hanya harddisk IDE standart, selain harddisk itu tidak dikenali oleh harddisk. Keyboard yang bisa dipakai saat itu hanya keyboard standar, dan monitornyapun harus standar.



Bagaimana dengan dukungan untuk printer, scanner, TV tuner, sound card, modem, mp3 player dan flashdisk? Bisa dikatakan dengan tegas, bahwa dukungan Linux waktu itu belum ada untuk peripral tersebut diatas.

Hari ini, 25 tahun telah berlalu dari “masa kegelapan” tersebut. Linux telah “belajar lebih banyak” untuk mengenali berbagai macam peralatan, seperti printer, scanner, TV tuner, sound card, modem, mp3 player dan flashdisk. Hampir semua peralatan yang popular / banyak tersedia di pasar, telah didukung / dikenali oleh Linux.

Kernel linux yang bertugas untuk mengenali hardware – hardware tersebut. Perkembangan yang menggembirakan atas perkembangan kernel linux saat ini. Kernel linux telah ditulis ulang untuk berbagai macam tipe komputer dan hardware. Linux sudah dapat dijalankan pada hampir semua komputer yang ada saat ini. Linux dapat berjalan dengan baik pada prosesor milik AMD dan Cyrix, tidak hanya pada prosesor Intel saja. Bahkan bisa berjalan pada Sun SPARC, MIPS, Macinthos, Power PC dan Motorola 68k.

Periperal yang baru juga telah dikenali oleh Linux. Jagi tidak perlu ada lagi kekhawatiran suatu hardware tidak didukung oleh Linux. Sekarang banyak pula produsen hardware yang telah menyertakan driver untuk linux dalam kemasan produk milik mereka.

Masih ragu? Komentar disini ya …. atau mau kontak langsung dengan +Agustinus Darto Iwan Setiawan juga boleh. 
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 thoughts on “Dukungan Hardware untuk Linux.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *