Distribusi Linux yang Paling Pas Untukku ?
Banyaknya versi Linux sekarang ini, sering membuat kita bingung. Versi dan namanya sangat bervariasi.Tidak sepertisistem operasi komersiallainnyayang dikendalikan,didistribusikandan didukung olehhanya satu perusahaan,inti dariLinuxadalahBEBAS untuk didistribusikandan digunakan oleh siapa saja.Ini menciptakan situasidi manaberbagai perusahaan,organisasi dan individu telah mengembangkan versi mereka sendiri yang spesifikdari sistem operasi Linux. Ketika versi initersedia bagi publikuntuk digunakan,mereka dikenal sebagai distribusi atau disingkat DISTRO LINUX. Biasanya, distribusi dibuat untuk alasan tertentu dan telah disesuaikan untuk mengatasi serangkaian masalah tertentu. Ada banyak versi Linux yang dikembangkan secara khusus yang harus diinstal pada server yang menerima lalu lintas yang padat, seperti server web. Beberapa distribusi Linux yang dikembangkan untuk digunakan dalam jaringan di mana keamanan adalah prioritas; di mana informasi sensitif hanya boleh diakses oleh beberapa hak istimewa. Bahkan, Linux merupakan inti dari banyak Firewall yang paling canggih saat ini!Ada versi Linux yang dimaksudkan untuk dipasang di atas sistem operasi yang ada seperti Windows, sehingga orang dapat mencoba Linux dalam kondisi akrab. Ada versi Linux yang dirancang untuk dipasang pada platform seperti Macintosh. Linux juga membuat penampilan di banyak perangkat embedded, seperti router, switch, sistem telepon, ponsel pintar, sistem gps, dan daftar berjalan dan terus. Ada versi Linux dengan nama lucu seperti Chainsaw Linux (tidak bercanda). Dan, tentu saja, ada distribusi Linux yang dirancang untuk digunakan sebagai sistem operasi PC Desktop.Jadi, Linux yang distribusi harus anda gunakan? Jawaban saya, didasarkan pada lebih dari 12 tahun pengalaman dengan Linux dan penyebaran di beberapa perusahaan, adalah ‘itu tergantung’. Namun, berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri Anda ketika mencoba untuk memilih distribusi Linux.

Apakah kode dasar sudah stabil?
Apakah itu berubah banyak ?
Apakah mudah untuk memperbarui paket perangkat lunak? (fitur seperti Debian apt-get atau yum update sistem Red Hat)
Apakah mudah untuk meng-upgrade dari satu versi utama ke yang berikutnya?
Apakah ia memiliki basis pengembang besar? (diterjemahkan ke dalam pilihan software besar untuk memilih dari)

Tidak ada ‘terbaik’ distribusi Linux. Untuk menggunakan analogi, jika Anda akan mendaki gunung, Anda akan membutuhkan pakaian khusus untuk melindungi Anda dari dingin, angin, hujan dan medan. Namun, jika Anda akan makan malam formal, saya akan membutuhkan tuksedo (atau setelan bagus!). Namun, jika Anda akan tentang rutinitas sehari-hari Anda, Anda akan memakai ‘pakaian normal’ (normal menjadi kata relatif).  Linux telah masuk ke dalam semua lingkungan . Bahkan  ada versi  Linux yang ringan dan kompak seperti LINUX SOFTICE yang bisa Anda peroleh dari penulis blog ini.

Kebanyakan penggunaPCmungkin hanyaperlu versisehari-hari.JenisLinuxtelah banyak tersediauntuk beberapa waktu sekarang.

TigadistribusiDesktopLinuxpaling populeradalah;

Fedora
Ubuntu
Linux Mint

EmpatServerversipaling populerdariLinuxadalah;

Debian
CentOS (Linux.org berjalan pada VPS CentOS Linux)
OpenSUSE
Slackware

Dua yang paling populerVirtualServerversiLinuxadalah;

VMWare
Citrix XenServer (Linux.org berjalan pada XenServer)

Linux.orgTIDAKPromosikanSetiapDistribusiLinuxkhusus

Ini akan menjadi mustahil untuk menutup semua distribusi Linux yang berbeda, sehingga pelajaran ini hanya akan berurusan dengan versi standar Linux yang dimaksudkan untuk diinstal pada komputer pribadi di rumah atau kantor. Ada beberapa distribusi terkenal dari Linux yang berjalan dengan baik sebagai Desktop. Anda mungkin telah mendengar dari beberapa perusahaan / organisasi yang telah menciptakan distribusi untuk platform ini, seperti Debian, Ubuntu, Fedora, Linux Mint dan SuSE.

Bahkan versi Linux yang menawarkan program dokumentasi dan instalasi dalam bahasa lain selain bahasa Inggris. Distrowatch menyimpan daftar semua jenis distribusi.
Dapatkan Siapuntuk Menginstal

Semua versi utama dari Linux telah menyempurnakan produk mereka ke gelar yang mereka sangat mudah untuk menginstal. Dirancang dengan baik penyihir dipandu akan membawa Anda melalui proses instalasi langkah demi langkah sehingga Anda akan bisa mendapatkan Linux dan berjalan dalam waktu yang relatif singkat tanpa sakit kepala. Tetapi bahkan sistem operasi komersial yang ditagih sebagai yang paling user-friendly di dunia tidak dapat menjamin instalasi bebas masalah 100%.

Jika Anda menggunakan perangkat keras yang tidak biasa, maka Anda mungkin mengalami masalah ketidakcocokan driver. Ini selalu menjadi salah satu titik lemah dari Linux. Hanya saja tidak memiliki dukungan driver yang sama bahwa Windows tidak. Namun, jangan khawatir. Selama beberapa tahun terakhir Linux telah dibuat tanah besar dan banyak dari apa yang biasanya tersedia di toko ritel lokal PC Anda akan bekerja dengan baik di Linux.

Jadi, Distribusi Linux yang paling pas untukAnda adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. 

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

2 thoughts on “Distribusi Linux yang Paling Pas Untukku ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *