Cara Paling Mudah dan Ampuh Menghilangkan Data pada Smartphone

Pada saat ini, hampir semua handphone yang beredar dipasaran adalah smartphone. Semua smartphone mempunyai kemampuan untuk menyimpan berbagai macam data. Gambar, film, text, worksheet, paparan bisa disimpan disana. File kantor, file sekolah , file kuliah ataupun file pribadi yang bisa saja sensitif bisa kita simpan disini.

Jika saja suatu saat kita ingin menjual atau memberikansmartphone tersebut, tentunya kita tidak ingin data- data atau file –file itu masih ada dalam smartphone dan dapat diakses / dilihat oleh pemilik baru. File atau data sensitif tersebut harus dihapus.

Salah satu cara yang biasanya disarankan adalah melakukan factory reset atau flashing ulang. Cara ini sebenarnya cukup ampuh. Tapi jika ditangan orang yang punya keahlian dibidang teknologi memory digital, file atau data sensitif tersebut masih bisa diakses.

Teknik penghapusan pada memory card atau internal memory smartphone itu bukan seperti kalau kita menghapus tulisan pensil di buku tulis. Hapus semuanya. Cara penghapusan di memory card / memory internal adalah dengan menghapus karakter / huruf pertama pada nama file. Datanya sendiri masih ada secara utuh disana.

Bagi seorang ahli, cukup mencari cara untuk mengisi karakter pertama tersebut dengan huruf atau angka yang tepat… maka ….. ccliingggg !!! , file / data / gambar atau film muncul kembali dengan manis.

Cara yang sangat ampuh adalah dengan menghapus semua data dalam memory card dan memory internal smartphone. Setelah kosong , isi dengan data atau file yang tidak penting , misalnya lagu, dering atau foto pemandangan sampai semuanya terisi 100% atau sampai penuh. Setelah itu hapus lagi data- data itu. Dijamin data atau file awalnya akan sangat susah dimunculkan lagi walau oleh seorang ahli.

Bahkan dengan aplikasi canggih recovery data di android seperti Dumpster, App BackUp and Restore, Android Recycle Bin, Undelete for Root Users dan DiskDigger, data atau file awal tadi akan sangat sulit untuk dipulihkan atau diakses lagi.

Tidak percaya? Coba aja.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

6 thoughts on “Cara Paling Mudah dan Ampuh Menghilangkan Data pada Smartphone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *