BTS Hotel, Teknologi Dunia Digital yang Marak Tahun 2015

Ini bukan hotel yang dipergunakan untuk menginap saat kita sedang berada di luar kota. BTS Hotel singkatan dari Base Transceiver Station Hotel. BTS hotel merupakan kumpulan BTS yang dipusatkan pada satu tempat yang melayani beberapa remote site. Dari BTS Hotel ke remote site, dihubungkan dengan kabel Fiber Optic atau FO Cable.

Biasanya Base Transceiver Station Hotel ini akan dipilih apabila di seatu tempat tidak dimungkinkan lagi membangun macrocell tower atau tower telekomunikasi yang cukup tinggi. Di daerah daerah tertentu, seperti daerah pemukiman padat atau daerah bisnis yang tak banyak lahan kosong, BTS Hotel ini menjadi solusi yang cukup baik. Atau pada daerah tertentu yang memang secara estetika memang tidak dimungkinkan seperti daerah cagar budaya, misalnya sekitar Candi Borobudur.

BTS bertugas untuk memancarkan sinyal telekomunikasi ke telepon seluler yang kita pergunakan. Telepon seluler kita juga memancarkan sinyal analog yang akan diterima oleh BTS. Disini, BTS dan telepon seluler kita memancarkan sinyal analog dengan kanal frekuensi yang berbeda sehingga tidak terjadi tumpang-tindih frekuensi antara BTS dengan telepon seluler.

Sedangkan BTS Hotel sendiri merupakan gabungan atau pengembangan dari microcell, repeater, teknologi pole atau mikro tower, antenna kamuflase, pole kamuflase, dan power sharing. Tujuan dari penggunaan BTS Hotel adalah agar signal dari BTS dapat disebar melalui pole atau tower dengan jarak yang relatitif jauh. Seperti disinggung diatas, untuk mentransmisikan sinyal dari BTS Hotel ke antena / pole digunakan teknologi fiber optic sehingga kemungkinan kerusakan gangguan data relatif sangat kecil sehingga dapat diperoleh jangkauan yang cukup jauh. Secara teori bisa mencapai 15 km.

Dalam BTS Hotel, BTS-BTS dari semua operator yang ada ditempatkan dalam satu ruang khusu yang disebut BTS Hotel Room. Dengan cara ini ruangan bisa digunakan lebih optimal dan efisien atau istilahnya Real-Estate Saving. Daya listrik atau power yang dipakai untuk banyak BTS tersebut bisa diambilkan dari 1 sumber daya sehingga efisiensi power / daya bisa dicapai. Istilahnya Power Saving.

Biasanya BTS Hotel digunakan dengan menggunakan pole atau antenna yang dipasang diluar ruangan /oudoor. Sering kali di lampu penerangan jalan raya.

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

8 thoughts on “BTS Hotel, Teknologi Dunia Digital yang Marak Tahun 2015

  1. terima kasih penjelasannya mas.. kalau ada yang lebih dalam pembahasannya mohon diinfokan. saya tertarik perincian implementasinya apakah itu perangkat dll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *