Mudahnya Bisnis Online dengan Instagram

Mempunyai sumber penghasilan yang mampu memberi kita rupiah yang cukup banyak tentu menjadi impian semua orang. Sumber penghasilan semacam itu dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari dan untuk membahagiakan orang – orang yang kita sayangi. Hal itu juga berlaku bagi kami sekeluarga, terutama istri. Dia ingin mempunyai penghasilan untuk membantu aku.

Shopious

Kebetulan istri punya kenalan teman SMA dulu yang mempunyai usaha pembuatan tas dan dompet rajut. Kenalannya tersebut sudah mempunyai produksi yang lumayan banyak, sehingga membutuhkan orang – orang untuk memasarkan produk tersebut kepada calon pengguna tas tersebut. Karena sudah kenal dengan istri, maka istri diminta untuk ikut memasarkan produk tersebut. Lumayan lah , paling tidak sebulan ada 2 atau 3 tas dompet yang terjual.

Belum memuaskan , tapi paling tidak ada tas / dompet yang terjual. Untung yang didapat belum seberapa sih. Hal tersebut memunculkan pikiran untuk lebih memajukan bisnis penjualan tas dan dompet tersebut. Internet menjadi satu alternatif yang terpikirkan saat itu.

Dengan adanya perkembangan dunia internet yang demikian pesat muncul suatu jenis baru yang sering kita sebut Bisnis Online.  Bisnis Online sendiri merupakan  kegiatan bisnis yang menggunakan fasilitas internet untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis online juga dikenal sebagai Perdagangan elektronik. Perdagangan elektronik atau e-dagang atau  e-commerce merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Kenapa ini menjadi pilihan ? Karena ada beberapa kelebihan bisnis online yang menjadi bahan pertimbangan. Pertimbangan pertama adalah tentang modal. Hanya bermodalkan komputer, modem dan langganan internet anda sudah bisa memulai bisnis online.Bandingkan bila anda akan memulai bisnis offline toko baju misalnya anda perlu menyiapkan modal yang tidak sedikit dari sewa tempat, peralatan, belanja barang, promosi.

Pertimbangan kedua adalah masalah tempat yang harus ada untuk mendukung bisnis. Bisnis online bisa dilakukan  dari meja komputer dirumah.Itulah Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki bisnis offline adalah bisnis online bisa dilakukan dari meja komputer dirumah jadi anda tidak perlu banyak aktifitas di luar ruangan.

Petimbangan ketiga adalah masalah yang cukup serius yaitu masalah kepraktisan. Hal ini cukup di perhatikan karena istri berstatus ibu runah tangga yang harus mengurus rumah dan anak.

Jangkauan pasar yang luas menjadi pertimbangan selanjutnya atau pertimbangan keempat. Pasarnya tidak hanya lokal saja bahkan bisa sampai ke mancanegara. Disamping itu promosi bisa dilakukan tanpa batas. Di internet kita bisa mempromosikan bisnis kita selama 1×24 jam terus. Non Stop. Sudah gitu, bisa menghemat biaya promosi. Kita tinggal pilih mau promosi yang  gratis atau berbayar dan bisa menyesuaikan dengan dana yang tersedia.

Website atau Blog menjadi pilihan yang masuk akal. Namun yang menjadi masalah adalah koneksi internet yang kurang baik disekitar rumah kami. Daerah berbukit membuat koneksi putus nyambung nggak karuan. Disamping itu, pengetahuan untuk mengelola website atau blog kurang. Jadi pertimbangan menggunakan website atau blog mendapatkan kendala.

Untunglah. Beberapa hari yang lalu, saya mendapat info tentang adanya toko online shopious dari media sosial Facebook. Ternyata cukup menjanjkan. Dengan menggunakan instagram saja, kita bisa menjual barang. Hebatnya, tidak hanya user instagram saja yang mampu dijangkau. Pengguna internet yang menggunakan browser juga bisa dijangkau. Tidak perlu pengetahuan untuk mengelola website atau blog. Cukup tahu cara pakai instagram saja bisa.

Hal ini cukup membantu, karena istri cukup pakai handphone yang ada aplikasi instagram saja untuk memasarkan tas dan dompet di website. Asik kan. Sudah gitu cara mendaftarkannyapun cukup mudah. Cukup pakai akun Facebook, beres. Gak ribet, gak ribut.

Saat ini , penjualan sudah meningkat cukup jauh. Yang tadinya hanya bersifat dari mulut ke mulut, penjualan per bulan rata- rata 3 buah. Dengan memanfaatkan shopious maka rata – rata 8 buah bisa terjual.

Jumlah kata : 596

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

11 thoughts on “Mudahnya Bisnis Online dengan Instagram

  1. zaman sekarang sangat mudah pak jualan online, market place online bertebaran mulai sosmed, blog, tokopedia, bukalapak, olx. semua dapat denga mudah dipakai. dengan memanfaatkan itu semua jaring yang kita tebar semakin besar pula.

  2. s tidak mungkin bai perusahaan untuk mengabaikan godaan internet .
    Bisnis inni mdmiliki lanjutan ibuat informasi dengan membuat semua jenis
    Dunia jurnal bersih Wide yang memfasilitasi perhsahaan mempromosikan solusi & produk dan layanan daari seagian besar
    ahli lebih lanjut sebagai cara trendi . ‘Menyediakan keunggulan tertinggi bersama
    dengan lebih besar efisiensi dan kegunaan .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *