Berkenalan dengan Linux untuk Pemula

Apa sih Linux itu ? Linux merupakan suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking.

Lha terus Sistem Operasi itu apa? Sistem Operasi adalah suatu perangkat lunak dalam bentuk kode –kode digital yang dibuat supaya masing masing alat pada computer dapat berjalan dengan benar dan sesuai dengan harapan kita (manusia). Jadi , pada saat computer pertama kali dihidupkan, kode – kode atau perintah pada Sistem Operasi inilah yang akan dijalankan. Tugas utamanya mengaktifkan semua alat (hardware) yang ada pada sebuah komputer. Jadi boleh dikatakan Sistem Operasi bertugas menghubungkan aplikasi dengan hardware computer. Bagian utama dari Sistem Operasi yang melakukan tugas tugas inti ini disebut KERNEL.

Dari uraian ini (diatas) , kita jadi mengetahui bahwa Linux adalah sejenis kode (perangkat lunak) yang dijalankan pertama kali pada saat computer dihidupkan. Trus… apa bedanya dengan Windows ? Sama aja … Linux itu Sistem Operasi, Windows juga Sistem Operasi.
Linux mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan Sitem Operasi yang lain dengan baik. Bisa dikatakan Linux mempunyai interoperasi yang mumpuni dengan Microsoft, Solaris, Machintos, Novell, dll.

Linux berjenis open source software dan free software yang artinya perangkat lunak yang boleh dikembangkan lebih lanjut oleh siapa saja dan juga bersifat gratis. Kita boleh memasang Linux di computer/ laptop tanpa harus membayar Linux-nya itu sendiri. Kita juga boleh mengembangkan Linux sesuai keperluan kita sendiri.

Kalau kita mengembangkan Linux sesuai keinginan kita sendiri, maka sebenarnya kita membuat sebuah distro. Jadi distro adalah turunan Linux hasil pengembangan. Banyak sekali distro yang sudah ada saat ini, seperti Ubuntu, Debian, Fedora, Redhat, Slackware, Suse , Mandrake, dan lain sebagainya. Ada ratusan distro Linux yang sudah ada.

Ada juga WinLinux yang bisa dijalankan dari Wondows. Seolah-olah WinLinux ini merupakan salah satu aplikasi windows. Ada pula distro yang dibuat menjadi “LiveCD” yang bisa dijalankan tanpa menginstall dulu.

Susah nggak sih pakai Linux ? Jawabnya gampang dan susah. Kalau sudah biasa akan sangat mudah.. tapi kalau belum terbiasa apalagi yang baru pertama pakai pasti susah. Coba lihat lagi postingan saya tentang hal ini di :
http://dunia-digital.com/?p=210
Kalau menurut Anda sendiri bagaimana ? Siap pakaiLinux ?
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

No comments yet Categories: Linux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *