Belanja Online ? Siapa takut !
Siapa saja yang kenal dengan internet sekarang ini, pasti kenal dengan aktifitas belanja online.  Fenomena ini menjadi sangat berkembang seiring dengan perkembangan perangkat untuk mengakses internet, termasuk peningkatan kecepatan akses internet di Indonesia. Hal tersebut juga ditunjang dengan perkembangan media social semacam Facebook dan Twitter yag sangat signifikan. Penulis sendiri juga mendapat banyak informasi dari 2 media social ini.
Proses belanja ini sangat mudah dan cepat. Penulis cukup melihat dan membaca informasi mengenai barang pada website penjual, setelah itu melakukan transfer sejumlah harga buku yang sudah disebutkan. Kebetulan bank yang dipakai penjual, sama dengan bank yang dipakai oleh penulis, jadi proses transfer menjadi lebih gampang dengan fasilitas SMS Banking. Tiga hari setelah proses transfer, barang sudah nongol di ruang tamu penulis lewat tangan jasa pengiriman barang yang cukup ternama di Indonesia.
Belanja online ini dipilih karena memungkinkan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkannya secara cepat dan mudah melalui cara yang ‘instan’ tanpa harus pergi ke penjual dan bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Sambil mengasuh anak, sambil mengerjakan tugas kuliah atau sambil menyelesaikan laporan kerja, kita bisa berbelanja. Asik kan.
Penulis punya pengalaman belanja online beberapa bulan yang lalu. Pada awalnya penulis dapat kiriman status penjualan online via facebook. Pada saat itu penulis langsung tertarik pada buku yang ditawarkan karena sudah lama mencari buku dengan judul ini. Memang banyak produk yang ditawarkan lewat Belanja Online ini, seperti buku, kosmetik, sabun, mainan anak, baju, gadget, rumah, mobil, bahkan mesin-mesin berat.
Banyaknya layanan e-commerce dan blogging gratis juga banyak berperan dalam mengubah pola belanja sebagian masyarakat Indonesia, yang tadinya senang berbelanja langsung ke pasar atau supermarket, menjadi belanja via internet ini. Lebih mudah dan praktis katanya. Hal ini tentunya sangat menghemat tenaga dan waktu. Namun dibalik kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan, pembeli via online ini juga mesti memperhatikan  keamanan transaksi dan kondisi produk yang ditawarkan. Jangan sampai menjadi korban penipuan para penjual online yang tidak bertanggungjawab.
Dengan belanja online pun , kita bisa lebih dimanjakan dengan banyaknya keterangan mengenai barang atau jasa yang kita perlukan. Kalau belanja konvensional, kita harus sering bertanya pada penjual mengenai spesifikasi barang yang ditawarkan, tapi kalau belanja online via web atau blog, sering kali informasi lengkap tentang barang/ jasa sudah tersedia lengkap.
Tidak dapat dipungkiri bahwa dibalik manisnya penjualan dan belanja online, ada oknum (bahasanya minjem dr Koran kriminalitas…. Heheheheh) yang melakukan penipuan untuk mendapatkan untung yang banyak. Biasanya modus penipuannya adalah dengan tidak mengirimkan produk setelah dibayar, atau bisa juga dengan memasang gambar produk yang bermutu bagus, namun mengirimkan produk yang kurang bagus.
Banyak pelaku-pelaku penjual online yang bisa dipercaya seperti, bhineka.com , tokobagus.com , lazada.com , berniaga.com yang bisa dijadikan pegangan dalam berbelanja secara online. Tak lupa pula toko konvensional yang di’online’kan yang cukup terpercaya semacam gramedia dan lain sebagainya. Ada pula toko online yang belum punya nama di ‘dunia nyata’ tapi telah punya nama besar di dunia maya seperti bonekaku.blogspot.com , distrobatik.com , dan kutukutubuku.com dan bukabuku.com.
Pelaku yang professional dan bertanggung jawab selalu mencantumkan alamat toko / kantor , termasuk profil dan kontak person yang jelas dan bisa dipercaya. Sehingga , jika ada pembeli yang ragu dengan keabsahan toko online ini, bisa langsung datang ke toko atau kantornya secara langsung.
Cerita ini diikutsertakan dalam Arr Rian’s Giveaway – Pengalaman Belanja Online. 
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

4 comments Categories: Internet

4 thoughts on “Belanja Online ? Siapa takut !

  1. Tega banget kalo ada penjual yang majang gambar bagus, tapi ngirim banrang yg gak bangus 🙁

    TErima kasih udah ikutan pada Arr RIan’s GA ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *