Aplikasi JavaFX
JavaFX? Kalo denger namanya kayaknya serem bener ya? Tapi sebenarnya cuman sebuah alat bantu grafis atau paket media yang membantu para pengembang software atau programmer. Alat bantu ini bisa mempermudah programmer untuk merancang, menguji dan meng-instal aplikasi rich internet application (RIA) yang kaya fitur pada platform / sistem operasi yang berbeda-beda.

Maksudnya rich internet application (RIA) itu apa ya? RIA adalah sebuah aplikasi web tapi mempunyai karakteristik seperti di desktop. Gampangnya rich internet application (RIA)  adalah menghadirkan “rasa desktop” kedalam web browser. Asik kan. Enaknya lagi, aplikasi tersebut bisa diterapkan pada Linux, Mac OS X atau Windows, atau sistem operasi lain.
Contoh lain dari aplikasi RIA adalah: framework; Curl; GWT; Adobe Flash/ Adobe Flex/ AIR, Java/ JavaFX; Mozilla XUL; dan Microsoft Silverlight. Lebih jelasnya adalah bahwa dengan JavaFX desktop kita bisa melihat thumbnail koleksi dari photo kita, memutar musik, menonton video di web browser kita, seperti kalau kita pakai aplikasi desktop.
Trus , apakah ini bahasa pemrograman baru yang berbeda sama sekali dengan Java? Ternyata tidak lho. JavaFX masih satu keluarga dengan Java. Masih sepupu kali ya.
JavaFX sendiri merupakan sebuah keluarga yang memiliki anggota keluarga yang disebut JavaFX Mobile dan JavaFX Script dan semua itu berjalan diatas lingkungan runtime Java pada Java Virtual Machine (JVM).
JavaFX ini bisa menggunakan fitur-fitur atau kemampuan yang sudah ada pada perpustakaan Java. Ada yang menyebut Java API. Apa Java API itu? Ini akan bisa dibaca di artikel berikutnya. Kemampuan di perpustakaan Java itu memungkinkan aplikasi yang dibangun mengakses sistem operasi dan berkomunikasi dengan middleware berbasis server (wah… apa lagi nih, cari di search internet yach … hehehehehe).
Tujuan dibuatnya JavaFX adalah untuk menggantikan Swing dalam membangun aplikasi berbasis Graphic User Interface (GUI). Namun, sampai saat ini Swing masih digunakan lho, tidak dibuang sama sekali.
Tampilan dan nuansa JavaFX ini bisa kita sesuaikan dengan selera kita lho. Seorang desainer grafis dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dan gaya aplikasi melalui CSS. Jika Anda memiliki latar belakang desain web,  Anda dapat mengembangkan aplikasi dalam bahasa scripting FXML dan menggunakan kode Java.
Dengan menggunakan JavaFX maka aplikasi web bisa dijalankan pada komputer, TV digital, Smartphone, TV biasa dan gadget lain dan akan sama persis baik di Windows, Mac OS X, ataupun Linux.
JavaFX 2.2 dan rilis berikutnya sepenuhnya terintegrasi dengan Java SE 7 Runtime Environment (JRE) dan Java Development Kit (JDK) dan tersedia untuk semua platform desktop utama (Windows, Mac OS X, dan Linux).

JavaFX merupakan library Java yang terdiri dari kelas dan interface yang ditulis dalam kode asli Java / JavaCode. API dirancang untuk menjadi alternatif yang baik untuk Java Virtual Machine (JVM), seperti JRuby dan Scala.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

3 comments Categories: Java

3 thoughts on “Aplikasi JavaFX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *