Apakah LibreOffice ? Bagian 2
Setelah pada bagian 1 yang membahas tentang LibreOffice, Writer, Calc dan Impress, yang bisa dibaca disini, akan coba dibahas mengenai 3 (tiga) aplikasi lain yang termasuk dalam kelompok LibreOffice. Aplikasi tersebut antara adalah Math, Base dan Draw.

Dimulai dengan aplikasi Draw. Aplikasi ini merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat kita pergunakan untuk mengambar vektor. Baik gambar yang sederhana sampai dengan sebuah bentuk 3 dimensi yang rumit bisa dihasilkan melalui Draw. Hasil gambar sederhana dan gambar 3 dimensi tersebut bisa digunakan untuk ditambahkan pada aplikasi LibreOffice yang lain. Banyak sekali format yang didukung oleh Draw ini termasuk PNG, HTML, PDF dan Flash. Total ada lebih dari 20 format. Karena kemampuannya dalam mendukung format Flash, Draw ini mampu menghasilkan sebuah animasi sederhana.

Tak kalah penting adalah aplikasi Base. Pernah pakai Microsoft Access? Nah, aplikasi Base ini mirip seperti itu. Aplikasi ini bisa kita pergunakan untuk mengelalo sebuah database. Dengan menggunakan Base, kita dapat membuat dan mengedit laporan, query, dan tabel. Bahkan mampu mengelola database relasional. Base menyediakan banyak fitur baru, misalnya, kemampuan untuk menganalisa dan mengedit hubngan dari tampilan diagram. Sebagai default mesin database relasional, Base menggunakan HSqlDB. Namun, Base mampu pula menangani atau menggunakan data dalam format dBASE, Microsoft Access, MySql, dan Oracle. Bahkan mampu menangani ODBC atau database JDBC.

Aplikasi terakhir yang akan coba disajikan disini adalah Formula. Sebuah persamaan atau rumus yang sangat kompleks mampu ditangani oleh aplikasi yang satu ini. Formula mencakup juga simbol dan karakter yang tidak tersedia dalam font standar yang biasanya dipergunakan dalam pembuatan sebuah persamaan atau rumus. Meskipun sering kali aplikasi ini menjadi pelengkap aplikasi LibreOffice lain seperti Writer dan Impress, sebenarnya Formula mampu bekerja secara mandiri. Kita bisa menyimpan sebuah rumus atau persamaan dalam format Math Markup Language (MathML).

Sementara segini dulu yang disajikan. Tunggu posting lainnya tentang LibreOffice di blog ini ya.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *