Apakah LibreOffice ? Bagian 1
LibreOffice  adalah perangkat lunak yang termasuk ke dalam katagori Open Source. Memiliki fitur atau fasilitas yang sangat lengkap dan handal untuk membantu pekerjaan perkantoran. Format asli dari LibreOffice adalah Open Document Format (ODF). Format ini merupakan format standar berlisensi Open Source yang mulai banyak diadopsi oleh pemerintah diseluruh dunia. Format ini menjadi format standar untuk mengirim dan menerima dokumen. Salah satu kelebihan LibreOffice adalah kemampuannya untuk membaca dan menyimpan dokumen dalam berbagai format termasuk format Microsoft Office.LibreOffice merupakan perangkat lunak yang disediakan secara gratis karena berada dibawah lisensi Open Source.

LibreOffice terdiri dari beberapa aplikasi yang dipaketkan menjadi satu kesatuan. Aplikasi yang dipaketkan itu antara lain Writer, Calc, Impress, Drawing, dan Math. Seperti apa masing-masing komponen itu? Akan dibahas secara singkat padat berikut ini.

Writer merupakan aplikasi untuk membuat berbagai macam dokumen seperti suart, buku, laporan, brosur dan dokumen lain. Aplikasi Writer ini mirip sekali dengan Microsoft Word, baik dari sisi fungsi maupun fasilitas dan tampilannya. Mereka yang sudah pernah menggunakan Microsoft Word pasti bisa menggunakan Writer ini. Kita dapat menyisipkan gambar maupun obyek dari aplikasi lain yang menjadi komponen pada LibreOffice ke dalam Writer. Dari Writer, dapat pula kita mengekspor file ke format HTML, XHTML, XML, Adobe Portable Document (PDF), dan yang paling menarik kita dapat pula mengekspor ke format file Microsoft Word. Writer-pun mampu terkoneksi ke klien email kita.

Aplikasi yang kedua yaitu aplikasi spreadsheet yang disebut Calc. Aplikasi Calc mempunyai fasilitas yang canggih sebagai pengolah spreadsheet. Ada lebih dari 300 fungsi yang disediakan untuk mendukung operasi keuangan, matematika, statistik dan lain sebagainya. Mampu menghasilkan grafik 2D dan 3D yang menawan merupakan salah satu kelebihan Calc yang perlu dipertimbangkan. Hasil grafiknya bisa kita integrasikan dalam dokumen LibreOffice lainnya, misalnya dokumen Writer atau yang lainnya. Kita dapat pula membuka dan bekerja dengan workbook milik Microsoft Excel dan menyimpannya dalam format Excel. Mengekspor spreadsheet dalam format Comma Separated Value (CSV) merupakan kemampuan Calc. Tidak ketinggalan format HTML dan PDF juga didukung oleh Calc.

Bagi yang sering melakukan presentasipun dapat mengandalkan Libreoffice dengan aplikasi Impress didalamnya. Aplikasi ini menyediakan senua fungsi dan fasilitas presentasi multimedia termasuk efek khusus, animasi dan fungsi gambar. Dukungan efek teks Fontwork dan video klip termasuk didalamnya. Impress ini juga sangat kompatibel dengan format file Microsoft PowerPoint dan mampu pula menyimpan ke dalam berbagai format grafis termasuk Macromedia Flash (SWF).

Untuk aplikasi Math, Base dan Draw akan dibahas di posting lain. Untuk ke posting itu silakan klik [disini].


Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

2 thoughts on “Apakah LibreOffice ? Bagian 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *