Android sebuah Turunan Linux

Jika kita ditanya apakah sudah pakai produk OpenSource semacam Linux, tentu jawab kita belum. Padahal sekarang ini 60 persen perangkat smartphone dan tablet yang beredar di Indonesia ber Operating System Android.
Lho apa hubungannya? Jelas sekali hubungannya. Android itu masih “anak” dari Linux. Jadi boleh dikatakan sebenarnya Android termasuk varian dari Linux.
Itu berarti sebenarnya kita sudah menggunakan produk OpenSource.
Yang menjadi keprihatinan adalah jika kita diminta menggunakan produk Linux, kesannya kita diminta untuk melakukan hal yang maha susah. Padahal Linux tak lebih susah dari Android.
Sudah banyak kok yang pakai Linux. Contoh nya, aplikasi POS (Point Of Sales) di mini market dan super market itu rata rata pakai Linux. Aplikasi parkir juga pakai Linux. Para kasir super market dan mini market tidak butuh waktu lama untuk belajar aplikasi tersebut. Para penjaga parkir pun hanya beberapa hari saja sudah bisa menjalankan aplikasi Linux. Harusnya kita tak butuh waktu lama belajar Linux.
Tanpa kita sadari sebenarnya kita ini pengguna Linux. Kita pengguna OpenSource.
Masih mau menyangkal kita bukan pengguna Linux? Bukan pengguna OpenSource? Jangan salah, iOS pun anak dari FreeBSD. FreeBSD tak lain adalah keluarga OpenSource.

Posted by Darto from WP for Android

Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *