5 Tips Menulis Resensi Buku jilid 1
Apakah ada keinginan menyebarkan berita tentang penulis favorit ? Atau ingin menulis kesan setelah melahap satu buku ? Atau ingin mendorong penulis segera menulis buku lanjutannya ? 
Tulislah review buku! Ada beberapa tips kecil untuk membuat resensi sederhana untuk sebuah buku. 
1 Sertakan gambar cover dan gambar lain 
Gambar menarik pembaca. Pembaca sedikit banyak menilai buku dari sampulnya, jadi pilihlah citra yang baik jangan sampai kabur atau ber-citra buruk. Jika perlu, langsung di bawah penutup kita dapat memberikan ringkasan singkat dari penerbit. 
2. Link ke halaman pembelian. 
Beri link penutup ke halaman pembelian atau pemesanan buku. Hal ini akan mempermudah pembaca review yang ingin segera memiliki buku yang di review tersebut. Dengan memberi link ini , akan membuat review yang kita buat lebih berkelas dan keren. Hehehehe 
3 Share apa yang paling kita sukai dari buku tersebut. 
Tidak ada cara yang benar untuk struktur ulasan buku. kita bahkan tidak harus memiliki struktur yang konsisten. Mulai dengan sesuatu yang positif yang kita suka tentang buku tersebut. Apakah itu buku bagus, plot berkembang dengan baik, atau fakta bahwa kita tidak bisa berhenti membacanya, atau memuji penulis untuk tulisannya yang memuaskan kita. Tip kecil : Setiap kali kita menyebutkan nama penulis, link ke situs web mereka. 
4. Share apa yang paling tidak kita sukai dari buku tersebut. 
Memang bagian ini tidak mengenakkan. Kadang membuat kita merasa risih. Apalagi karena kita dididik dalam budaya timur. Namun, tujuan kita sebagai reviewer buku adalah menulis review secara jujur. Sesuatu kekurangan buku memang harus tetap kita cantumkan demi perbaikan dimasa depan. 
5. Jelaskan mengapa kita merekomendasikan buku ini. 
Harus kita jelaskan alasan yang masuk akal dan gamblang mengapa seseoarang kita rekomendasikan agar membaca buku tersebut. Jadi paling tidak, pembaca punya satu atau dua alasan jelas mengapa mereka harus keluar uang demi buku tersebut.
Please like & share:

About

> Governance Officer > Blogger from Semarang, Indonesia > (Pingin Jadi) Writer > Lecturer

10 thoughts on “5 Tips Menulis Resensi Buku jilid 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *